alexametrics

Dinas Marga DKI Percepat Pasang Marka Jalur Khusus Sepeda

loading...
Dinas Marga DKI Percepat Pasang Marka Jalur Khusus Sepeda
Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho di Balai Kota Jakarta. Foto/Okto Rizki Alpino/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Dinas Bina Marga DKI Jakarta bakal mempercepat pemasangan marka jalan di jalur sepeda. Taidak hanya itu, pihaknya juga akan memperbaiki jalur sepeda yang dapat membahayakan penggunanya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho setelah melakukan uji coba jalur sepeda bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya di Balai Kota, Jakarta, Jumat (20/9/2019).

"Iya nanti segera, jadi nanti mulai besok akan kita evaluasi lagi, kan itu jangkanya 2 bulan. Jadi nanti kontur jalan yang agak nongol akan kita ratakan dengan lapisan jalannya," kata Hari.



Hari mengatakan, keseriusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperbaiki dan menjaga lingkungan merupakan prioritas utama. Maka itu pihaknya menyambut baik keberadaan jalur khusus bagi pesepeda di Jakarta dengan memberikan kenyaman sehingga masyarakat mau beralih menggunakan sepeda.

"Tentunya pada saat uji coba itu kita melihat kekurangan-kekurangan mana yang perlu diperbaiki mungkin dari sisi proteksinya, nah nanti kalau kita sudah tahu sepanjang jalur uji coba nanti baru kita permanen, kalau sudah permanen artinya Desember kita pastikan sudah memiliki jalur sepeda permanen, jadi tahun depan para pesepeda tidak merasa risih, tapi merasa aman nyaman dan safety lah," tutur Hari.

Selain berjanji akan memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengguna sepeda, Dinas Bina Marga juga akan mempercantik jalur sepeda dengan memberikan sentuhan-sentuhan seni yang akan mengundang decak kagum. Hal ini dilakukan agar masyarakat terkesan dan kemudian beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan itu.
Dinas Marga DKI Percepat Pasang Marka Jalur Khusus Sepeda
"Pas nanti uji coba selesai itu selesai, sekaligus nanti akan saya cat permanen, entah itu warnanya biru ataukah warna nya hijau nanti kita sesuaikan aturan mainnya," katanya.

Dia mengaku, pihaknya akan bersinergi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk memberikan proteksi bagi pesepeda dengan cara memasang dinding pembatas di area jalur khusus itu.

"Kita pasang semacam MCB tapi yang kecil kaya dipasang di busway itu. jadi nanti pada saat kita sudah pasang marka, diproteksi disitu, kita cat yang bagus," katanya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak