alexametrics

Terobos Jalur Sepeda, Pengendara Bakal Ditilang

loading...
Terobos Jalur Sepeda, Pengendara Bakal Ditilang
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota, Jakarta. Foto/Okto Rizki Alpino/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menilang bagi pengendara yang menerobos jalur sepeda. Hal itu demi menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna sepeda.

"Jadi sesuai dengan UU No 22 tahun 2009 terdapat pelanggaran rambu akan dikenakan denda 500 ribu, tentu ini kita akan doronvg begitu ini dipermanenkan (jalur sepeda)," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Meski belum terpasangn rambu lalu lintas di jalur sepeda, dia mengimbau, agar pengendara lain tak masuk jalur khusus tersebut. Karena, kata dia, hal itu akan membuat ketidaknyamanan bagi pengguna sepeda.



"Untuk peluncuran ini kita sudah koordinasikn dengan rekan-rekan kepolisian bahkan TNI. Tadi bisa dilihat selama uji coba, kita harapkan dengan adanya kolaborasi dan koordinasi yang intensif ini, suluruh program kita untuk perbaikan traffic, lingkungan dan kualitas udara Jakarta lebih baik," ujar Syafrin.

Adapun Uji coba jalur sepeda di Jakarta akan dilakukan sampai dengan 19 November 2019. Setelah itu penegakkan hukum mutlak menjadi wewenang pihak kepolisian.

"Percobaan ini selama dua bulan dan setelah itu Jakarta memiliki jalur sepeda dan semoga menjadi contoh bagi kota-kota lain," pungkasnya. (Baca juga: Ngantor Naik Sepeda, Anies Tes Jalur Khusus dari Rawamangun-Balai Kota)
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak