alexametrics

Pemkot Bekasi Sodorkan Usul Dana Kemitraan DKI Hampir Rp1 Triliun

loading...
Pemkot Bekasi Sodorkan Usul Dana Kemitraan DKI Hampir Rp1 Triliun
Dana kemitraan yang diusulkan Pemkot Bekasi termasuk dengan kompensasi bau bagi warga Bantargebang. Foto: dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemkot Bekasi mengusulkan bantuan keuangan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hampir Rp1 triliun untuk tahun 2020. Usulan terbagi menjadi dua yaitu kompensasi Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang milik DKI Jakarta dan dana kemitraan.

Kepala Badan Perencanaan Daerah Kota Bekasi, Dinar Faizal Badar mengatakan, untuk kompensasi diusulkan sebesar Rp367 miliar. Dana tersebut untuk pemberian uang bau kepada 18 ribu keluarga terdampak TPST Bantargebang sebesar Rp900 ribu pertiga bulan sekali, serta pembangunan infrastuktur di kawasan Bantargebang.

"Untuk dana kemitraan kami mengusulkan Rp400-500 miliar," katanya kepada wartawan, Selasa (17/9/2019). Menurut dia, Dana kemitraan ini, untuk kebutuhan pembangunan infrastuktur di luar kawasan Bantargebang, seperti pembangunan jalan dan lainnya. Karena, Kota Bekasi dengan DKI Jakarta sudah sepakat dalam bantuan tersebut.



Saat ini, kata dia, usulan tersebut telah disampaikan ke Pemprov DKI Jakarta melalui proposal di bagian kerja sama dan investasi (KSI) Kota Bekasi. "Belum dapat informasi nilai yang disetujui. Kami masih menunggu dari DKI Jakarta, tapi saya yakin Gubernur DKI akan mengalirkan anggaran kemitraan tersebut," ujarnya.

Data KUAPPS APBD DKI Jakarta menyebut, Kota Bekasi mendapatkan bantuan keuangan pada tahun depan senilai Rp406 miliar. Turun dratis dibandingkan pemberian tahun ini senilai Rp750 miliar. "Belum bisa menanggapi (turunnya nilai bantuan keuangan), karena belum dapat angkanya," ungkapnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak