2 Calon Lawan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024, Siapa Saja?

Selasa, 20 Agustus 2024 - 18:02 WIB
loading...
2 Calon Lawan Ridwan...
Ridwan Kamil-Suswono resmi dideklarasikan sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta pada Pilgub Jakarta 2024. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ridwan Kamil -Suswono resmi dideklarasikan sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta pada Pilgub Jakarta 2024. Penetapan ini disampaikan 12 parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Sebanyak 12 parpol itu yakni Partai Gerindra, Golkar, PKS, NasDem, PKB, PSI, Partai Demokrat, PAN, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, serta PPP.



Melalui piagam deklarasi yang disampaikan, belasan parpol siap memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta.

Setelah deklarasi, bursa calon Gubernur Jakarta semakin menyempit. Selain partai di atas, tersisa PDIP yang belum menentukan sikapnya.

Lalu, siapa saja calon lawan pasangan Ridwan Kamil-Suswono di Pikada Jakarta 2024? Berikut ini ulasannya.

Calon Lawan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024

1. Dharma Pongrekun-Kun Wardana

Satu nama pasti yang akan menjadi penantang Ridwan Kamil-Suswono adalah Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Melalui jalur independen, mereka dinyatakan lolos sebagai calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jakarta 2024.

Sekelumit tentang pasangan ini, Dharma Pongrekun adalah purnawirawan jenderal Polri. Jebolan Akpol 1988 itu pensiun dengan pangkat terakhir jenderal bintang 3 atau Komjen Polisi.

Sepanjang kariernya di Polri, berbagai jabatan penting pernah didudukinya yakni Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri (2016), Karorenmin Bareskrim Polri (2016) hingga mendapat penugasan di BSSN sebagai Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi (2018) serta Wakil Kepala BSSN (2019).

Sebelum ini, Dharma juga pernah mendaftar calon pimpinan (Capim) KPK. Namun, dia gagal pada salah satu tahapan tes.

Sementara, Kun Wardana merupakan anak keempat pengacara Abyoto Hadiprodjo. Dia meraih gelar doktor dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1995.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0907 seconds (0.1#10.140)