alexametrics

Bekasi Pernah Masuk Karesidenan Jatinegara di Zaman Revolusi

loading...
Bekasi Pernah Masuk Karesidenan Jatinegara di Zaman Revolusi
Sejumlah kendaraan bermotor melintas di gerbang masuk Kota Bekasi.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.Dok
A+ A-
BEKASI - Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyampaikan sejumlah alasan keinginan Kota Bekasi bergabung dengan DKI Jakarta. Salah satunya, Kota Bekasi pernah menjadi bagian dari Jakarta pada masa revolusi dahulu.

Rahmat menerangkan, Kota Bekasi mempunyai historis dengan DKI Jakarta.
Sebelum mejadi Bekasi, pada saat zaman revolusi, Bekasi merupakan bagian dari Jakarta, Karesidenan Jatinegara."Kultur budaya dan bahasa kita ikut DKI, dan pada saat zaman (penjajahan) Jepang ada sebuah dokumen kalau Karesidenan Jakarta itu dari Citarum sampai dengan Cisadane. Tahun 1950-an kan berubah menjadi Kabupaten Bekasi," kata Rahmat kepada wartawan Kamis (12/9/2019).

Menurut Rahmat, 69 tahun lalu ribuan warga berbondong-bondong berkumpul di depan Kodim Jalan Pramuka-Veteran, Bekasi Selatan, sehingga terbentuklah Kabupaten Bekasi."Tahun 1976 wilayah kita diambil Cilincing sama Cakung, diambil menjadi Jakarta, kita dikasih stadion ini (Patriot Candrabhaga)," ujarnya.



Selain itu Rahmat menilai, Kota Bekasi bisa masuk dalam salah satu pusat perekonomian di Indonesia. Salah satunya adalah pemasukan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Kota Bekasi ke Provinsi Jawa Barat sangat besar.(Baca: Enggan Gabung ke Bogor Raya, Kota Bekasi Dapat Tawaran Masuk Jakarta)

"Sekarang gini kalau kita berharap ekspetasinya dengan Jawa Barat kita sudah melewati Jawa Barat, Bandung juga, kita lebih tinggi, inflasi kita lebih rendah, APBD-nya juga besar (disamping) kebutuhannya (Kota Bekasi) besar," terangnya. Dengan demikian, dari segi ekonomi Kota Bekasi bisa masuk dalam pusat perekonomian di Indonesia.

"Setiap Jumat, Sabtu, Minggu, Google Map kita kan merah semua, itulah mengapa penghasilan kita cukup besar ke sana (Jawa Barat)," ucapnya.(Baca: Bekasi Bentuk Tim Khusus untuk Bisa Bergabung dengan DKI Jakarta)
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak