alexametrics

Ditlantas Polda Metro Jaya Bakal Pasang Kamera ETLE di Jalur Busway

loading...
Ditlantas Polda Metro Jaya Bakal Pasang Kamera ETLE di Jalur Busway
Ditlantas Polda Metro akan memasang kamera ETLE di jalur bus Transjakarta.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.Dok
A+ A-
JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya dan PT Transjakarta akan memasang kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di perlintasan bus Transjakarta (busway). Langkah ini dilakukan karena masih banyaknya pengendaraan roda dua dan empat yang nekat menerobos jalur bus Transjakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengatakan, pihaknya akan lebih dulu membahas fitur kamera E-TLE yang akan terpasang di jalur Transjakarta itu. "Nanti yang masuk ke jalur Transjakarta terekam sama kamera E-TLE atau petugas yang ada di sana pasti kita laksanakan penindakan. Makanya nanti akan dirumuskan, apakah sama dengan kamera E-TLE saat ini. Kalau sama stocknya ini sudah ada, tinggal ambil barang, beli, selesai. Kalau mau tambah fitur, masih proses lagi," kata Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Senin 9 September 2019 kemarin.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono menambahkan, pemasangan kamera di era serba teknologi ini dirasa perlu guna membantu mengurangi pelanggaran menerobos jalur Transjakarta. Apalagi hingga kini masih banyak banyak pengendara menerobos jalur bus Transjakarta.



Dampak dari banyaknya pengendara menerobos jalur bus Transjakarta adalah ketepatan waktu kedatangan bus Transjakarta dan kenyamanan para pelanggan terganggu. Maka dari itu, diharapkan pengadaan ini bisa memberi efek jera.

"Seiring prinsip transportasi 4.0 dan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan jalur steril, kita akan menerapkan yang namanya kamera ETLE di jalur koridor Transjakarta. Harapannya akan memberikan pemantauan terhadap jalur Transjakarta dengan menggunakan teknologi. Kedua, bisa memberikan efek jera karena kami melihat implementasi dari sistem ETLE ini cukup efektif ya," ucap Agung.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak