alexametrics

Senin, Pelanggar Ganjil Genap di 16 Ruas Jalan Akan Ditilang

loading...
Senin, Pelanggar Ganjil Genap di 16 Ruas Jalan Akan Ditilang
Mulai Senin (9/9/2019) mendatang pelanggar ganjil genap di 16 ruas jalan akan dikenai penindakan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.Dok
A+ A-
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta resmi memberlakukan sistem ganjil genap di 16 ruas jalan baru pada Senin, 9 September 2019 mendatang. Selama uji coba hampir sebulan kecepatan kendaraan dan penumpang angkutan umum di ruas jalan ganjil genap mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, dari hasil evaluasi terhadap pelaksanaan uji coba yang dilaksanakan sejak 12 Agustus sampai dengan Jumat (6/9/2019) kecepatan rata-rata pada ruas jalan yang dikenakan uji coba ganjil genap terjadi peningkatan kecepatan dari 25,56 km/jam menjadi 28,03 km/jam atau meningkat 9,25%. Demikian pula halnya dengan waktu tempuh dari 16 menit 52 detik meningkat menjadi 14 menit 91 detik.

"Volume lalu lintas terjadi penurunan yang cukup baik dimana terjadi penurunan sebesar 25% dibandingkan dengan pada saat sebelum dilakukan perluasan uji coba perluasan ganjil genap," kata Syafrin Liputo dalam konferensi pers perihal berakhirnya masa sosialisasi dan uji coba menjelang penerapan perluasan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap di Taman Budaya Dukuh Atas, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019).



Selama uji coba dilakukan, Dishub sangat gencar menyosialisasikan angkutan umum sebagai alternatif pengganti. Syafrin menuturkan, seluruh ruas jalan ganjil-genap sudah tersedia angkutan umum yang aman, nyaman dan terintegrasi.

Dia berharap pengguna kendaraan pribadi tidak mencari jalan alternatif, tetapi berpindah ke angkutan umum. Syafrin juga meminta masukan dari masyarakat apabila ada kekurangan dalam pelayanan angkutan umum.

"Secara keseluruhan tidak hanya di dalam koridor ganjil genap, tetapi kita ukur seluruh koridor Transjakarta terjadi peningkatan jumlah penumpang sebanyak 5%," ungkapnya.(Baca: Hari Ini Uji Coba Ganjil Genap di 16 Ruas Jalan hingga 6 September)

Terkait kualitas udara, Syafrin mengungkapkan, dari dua pos pemantau kualitas udara yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup, yakni di pos pemantauan Bundaran HI dan di Kelapa Gading terjadi peningkatan signifikan khususnya terhadap indikator partikuler meter dua setengah. Dimana dalam ambang batas kualitas udara Jakarta dalam posisi baik karena semuanya sudah berada di bawah 65 mikrogram unit sesuai dengan Surat Keputusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK).

"Sesuai dengan SK Kementerian LHK bahwa untuk ambien 2,5 begitu angkanya 65 unit itu berati di atas itu buruk. Untuk kualitas udara Jakarta itu pada saat dilakukan uji coba perluasan ganjil genap itu di bawah 65 mikrogram unit," ungkapnya.(Baca: DKI Tetapkan 16 Ruas Jalan Baru Terkena Aturan Ganjil Genap)

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf menuturkan, sama seperti yang sudah berjalan sebelumnya di kawasan ganjil-genap, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 750 personel dari sebelumnya hanya 400 orang. "Jadi yang kita lakukan adalah sama seperti yang sudah ada sekarang, karena ini perluasan jadi jam-jam tertentu yang sudah ditentukan dalam kawasan ganjil genap itu apabila memiliki mungkin ada yang melintas, melakukan pelanggaran terhadap hal-hal tersebut kita laksanakan penindakan sesuai dengan aturan yang berlaku," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak