alexametrics

Minggu, PT Railink Hentikan Operasional Kereta Bekasi-Bandara Soetta

loading...
Minggu, PT Railink Hentikan Operasional Kereta Bekasi-Bandara Soetta
Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Mulai pekan depan warga Bekasi sudah tidak bisa memanfaatkan layanan Kerata Api (KA) Bandara dari stasiun Bekasi. Sebab, layanan KA Bandara dari stasiun Bekasi ditiadakan oleh operator KA Bandara Soekarno Hatta yakni PT Raillink selaku pengelola kereta bandara tersebut.

"Mulai Minggu (8 September 2019) ini, kereta bandara dari Stasiun Bekasi sudah ditiadakan, namun sifatnya sementara melihat kondisi kedepanya," ujar Humas PT Railink, Diah Suryandari saat dihubungi SINDOnews, Jumat (6/9/2019).Menurutnya, kebijakan itu untuk optimalisasi operasional KA Bandara di Stasiun Manggarai. Layanan KA Bandara di stasiun Manggarai diketahui kerap molor akibat terkendala kesiapan infrastruktur. "Kami melihat kondisi kedepanya, apakah nantinya kembali beroperasi ke Bekasi atau tidak," katanya.

Selain ditiadakannya layanan KA Bandara dari stasiun Bekasi, di sisi lain juga PT Raillink melakukan sederet perubahan jadwal diantaranya adalah kereta tujuan Jakarta dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 22.50 WIB, dari Batu Ceper menuju Bandara pada pukul 23.03 WIB, dan dari Bukit Duri menuju Bandara pada pukul 23.26 WIB.



Sedangkan untuk jadwal tujuan bandara yang dihapuskan di antaranya dari stasiun BNI City pukul 04.51 WIB, dari stasiun Duri pukul 05.06 WIB, dan dari stasiun Batu Ceper pukul 05.25 WIB. Adapun saat ini KA Bandara melayani relasi stasiun Bandara Soekarno Hatta-stasiun BNI City (pulang pergi/PP).

Kemudian stasiun Bandara Soekarno Hatta-stasiun Duri PP, stasiun Duri-stasiun BNI City PP, stasiun Batu Ceper-stasiun Bandara Soekarno Hatta PP, stasiun Batu Ceper-stasiun BNI City PP, dan relasi stasiun Batu Ceper-stasiun Duri PP. Pada bulan Juli lalu, melalui siaran persnya PT Raillink menurunkan tarif KA Bandara hingga 50 persen dari stasiun Bekasi.

Penurunan tarif ini ditujukan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan moda transportasi KA Bandara. Harga tiket kereta dari Stasiun Bekasi menuju Bandara Soekarno Hatta didiskon hingga 50 persen atau Rp50 ribu, sementara dari Stasiun Bekasi menuju ke Stasiun Batu Ceper dan stasiun BNI City didiskon hingga 57 persen.

Sementara salah satu warga yang bernama Tody Suharyaman (40) mengaku kaget dengan bakal ditiadakannya kereta bandara dari Bekasi. Menurut warga Jatiasih ini, kereta bandara yang berada di Stasiun Bekasi sangat membantunya jika ingin bepergian ke luar kota menggunakan pesawat terbang.

"Saya sering naik kereta bandara dari Bekasi, selain nyaman, kereta ini sangat cepat sesuai waktu ke bandara," katanya. Dengan ditiadakanya dari Bekasi, pria yang bekerja di Kalimantan Timur ini terpaksa kembali menggunakan kendaraan roda empat miliknya menuju bandara Soetta dari Bekasi.

Seharusnya, kata dia, kereta bandara harus tetap melayani warga Bekasi seperti biasanya. Namun, yang diperbanyak jadwal keberangkatan dari Soetta ke Bekasi. "Sangat disayangkan harus dihapuskan, padahal kami warga Bekasi sangat membutuhkan kereta tepat waktu ini, kalau bisa jadwalnya ditambah hingga malam," tegasnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak