alexametrics

Anak di Bawah Umur Pimpin Komplotan Ranmor di Depok

loading...
Anak di Bawah Umur Pimpin Komplotan Ranmor di Depok
Kapolresta Depok AKBP Azis Andriansyah memperlihatkan barang bukti di Mapolresta Depok, Kamis (5/9/2019). Foto: SINDOnews/R Ratna Purnama
A+ A-
DEPOK - Komplotan spesialis pencuri sepeda motor (ranmor) dibekuk petugas Unit Krimum Satreskrim Polresta Depok. Mereka dibekuk di Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Tersangka adalah Rizky Afandi (31), Rusdi Rusmana (29), dan anak di bawah umur berinisial AS (17). "Dua orang bernama Syaril atau Borok dan Entus masih kita kejar atau masuk daftaran pencarian orang (DPO)," ujar Kapolresta Depok AKBP Azis Andriansyah di Mapolresta Depok, Kamis (5/9/2019).

Tragisnya, kelompok spesialis motor ini ternyata dipimpin pelaku yang masih di bawah umur. Dialah yang menjadi otak dari pencurian tersebut. "Pelaku di bawah umur, tapi dia (AS) otak pencurian," tandasnya.



Selama beraksi, pelaku mengincar sasaran dengan cara random dan berputar. Ketika ada sasaran yang dituju maka pelaku langsung menggasaknya. "Jadi mereka ini mobile mencari sasarannya," tukasnya.

Biasanya komplotan ini melakukan pencurian sepekan sekali. Pencurian ini sudah dilakukan selama setahun. "Mereka mengaku sudah 1 tahun melakukan pencurian ini, tentu sudah banyak motor yang dicuri," ungkapnya.

Namun pelaku lainnya mengaku melakukan baru dua bulan dan lima bulan. Mereka sering beraksi di wilayah Kota Depok secara berkelompok dan berbagai peran. "Otaknya ya anak di bawah umur sudah 1 tahun beraksi mencuri motor," jelasnya.

Ketiga pelaku ini akan dikenakan Pasal 363 KUHP dengan acaman hukuman lima tahun penjara. Sedangkan dua pelaku masih dalam pengejaran.

Untuk barang bukti yang berhasil diamanakan seperti lima set kunci leter T, dua unit sepeda motor Yahmaha N MAx, tiga unit sepeda motor Honda Beath, dan satu unit sepeda motor Beneli.

"Penangkapan tiga pelaku ini hasil dari laporan warga yang motornya dicuri. Setelah menerima laporan pengaduan Tim Opsnal Jatanras laksanakan penyelidikan dan undercover. Selama beberapa pekan, tersangka tertangkap beserta barang bukti lengkap dibawa ke Polresta Depok guna pengusutan lebih lanjut," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak