Edukasi Kesehatan Gigi, Terapis Gigi dan Mulut Gelar Baksos

Senin, 02 September 2019 - 01:35 WIB
Edukasi Kesehatan Gigi, Terapis Gigi dan Mulut Gelar Baksos
Edukasi Kesehatan Gigi, Terapis Gigi dan Mulut Gelar Baksos
A A A
JAKARTA - Sebanyak 600 terapis gigi dan mulut yang tergabung dalam DPP Persatuan Terapis Gigi dan Mulut (PTGMI) ikut serta dalam bakti social di area car free day (CFD) di Jakarta.

Ketua DPP PTGMI Epi Nopiah mengatakan, dalam baksos ini pihaknya mengajak seluruh terapis dan juga masyarakat ikut jalan sehat bersama di area CFD. Dia mengatakan, tujuan utama baksos ini adalah pihaknya ingin mengedukasi ke masyarakat tentang kebersihan gigi dan mulut.

Oleh karena itu, selain seruan untuk membersihkan lingkungan, membagikan pasta dan sikat ggi pihaknya juga membuka area konsultasi tentang kebersihan gigi dan mulut di area CFD. ‘’Kami adakan baksos selain mengajak masyarakat untuk membersihkan lingkungan juga untuk mengedukasi masyarakat tentang kebersihan gigi dan mulut,’’ katanya di sela acara Bakti Sosial Nasional DPP PTGMI di Jakarta, Minggu, 1 September 2019 kemarin.

Dia mengatakan, pihaknya membuka tiga tempat konsultasi kebersihan gigi dan mulut untuk masyarakat di area CFD. Sebab berdasarkan hasil Riskesdas, masih ada masyarakat yang tidak tahu cara menyikat gigi yang benar. Misalnya saja tentang waktu menyikat gigi, dia mengatakan, waktu menyikat gigi yang benar itu dua kali. Yakni setelah makan pagi dan sebelum tidur.

‘’Jadi kalau ditanya kapan sikat gigi? Dua kali. Sebetulnya dua kali itu kebanyakan waktu mandi. Sebetulnya itu salah kan. Sikat gigi yang benar (itu) setelah makan pagi, dan mau tidur," terangnya.

Epi menjelaskan, pihaknya juga mengedukasi ke masyarakat tentang pentingnya pengobatan gigi. Sebab masih banyak masyarakat yang ketika sakit gigi malah mengobati sendiri padahal itu bisa berbahaya. Cek rutin gigi juga penting untuk mencegah gigi berlubang.

"Kami mendukung agar tahun 2030 Indonesia bebas karies. Maka kami akan terus menggiatkan para terapis gigi dan mulut untuk mengedukasi, mensosialisasikan dan penyuluhan tentang kebersihan gigi dan mulut," terangnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5857 seconds (0.1#10.140)