Meriah, Ribuan Warga Padati Festival Tanah Abang 2019

Jum'at, 30 Agustus 2019 - 22:01 WIB
Meriah, Ribuan Warga Padati Festival Tanah Abang 2019
Meriah, Ribuan Warga Padati Festival Tanah Abang 2019
A A A
JAKARTA - Ribuan warga memadati Festival Tanah Abang 2019 yang digelar di sepanjang Jalan KH Mas Mansyur, Jumat (30/8/2019) sore. Beragam pertunjukan seni budaya hingga, kuliner tradisional khas Betawi tersaji di acara ini.

Ketua Panitia Festival Tanah Abang 2019 Agung Zulfikar mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program organisasi Ikatan Keluarga Besar Tanah Abang (IKBT) yang mengajak seluruh komponen bangsa untuk selalu berpikir “local Wisdom” dalam menjalankan program pembangunan, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta.

"Apalagi Tanah Abang adalah wilayah yang sangat strategis bagi kegiatan ekonomi dan pemerintahan sebagai pusat bisnis dan kekuasaan. Proses keterlibatan dan partisipasi masyarakat adalah sangat penting dalam suksesnya pembangunan tersebut. Hingga program pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat itu sendiri. Sehingga tidak ada lagi istilah ayam mati di lumbung padi," ujar Agung di lokasi, Jumat (30/8/2019).

Pantauan di lokasi, Festival Tanah Abang 2019 berlangsung cukup meriah. Peserta diramaikan dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewas. Mereka tampil mengenakan busana tradisional dari berbagai daerah.

Dalam Festival Tanah Abang 2019 itu, ratusan pedagang UMKM juga turut serta membuka stand bazar. Lomba senam Poco-poco dan karnaval pakaian daerah dari 34 provinsi menambah kemeriahan acara perdana tersebut.

Sementara itu, Ketua Steering Comitee Festival Tanah Abang Federal Frederik, mengatakan, kegiatan tersebut mengambil tema “Tanah Abang Panggil Pulang" mengusung pesan bahwa Tanah Abang adalah wilayah yang welcome untuk siapapun.

"Makna yang dimaksud adalah, dimana komunitas masyarakatnya yang heterogen/multi etnik tapi juga menjungjung tinggi nilai-nilai pluralismei. Tanah Abang adalah tempat dimana saling toleransinya warga masyarakat dari berbagai suku, bangsa, ras maupun agama. Oleh karenanya, momentum kegiatan ini yang berada di penghujung Bulan Agustus sebagai Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, dapat pula diartikan sebagai semangat mempertahankan rasa Nasionalisme dan menjaga keutuhan NKRI untuk SDM unggul dan Indonesia Maju," tuturnya.

Dalam kesempatan itu turut hadir tokoh masyarakat Tanah Abang Muhammad Yusuf Muhi alias Bang Ucu, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi, Camat Tanah Abang Yasin Pasaribu, Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono dan perwakilan dari tokoh agama serta tokoh masyarakat.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4875 seconds (0.1#10.140)