alexametrics

Terjerat Utang Rp4 Juta Jadi Alasan Andi Nekat Bunuh Pedagang Ayam

loading...
Terjerat Utang Rp4 Juta Jadi Alasan Andi Nekat Bunuh Pedagang Ayam
Andi Mardiansyah (22) pelaku pembunuhan terhadap pedagang ayam Hasbuloh.Foto/SINDOnews/R Ratna Purnama
A+ A-
DEPOK - Andi Mardiansyah (20) pembunuh tukang ayam bernama Hasbuloh di Jalan Pulo Mangga, Limo, Depok, ternyata sudah berniat menghabisi nyawa korban. Pasalnya pelaku sudah membawa pisau sejak sebelum bertemu korban.

Andi dan Hasbuloh adalah teman yang sudah kenal sejak lama karena keduanya sama-sama pedagang ayam. Pada hari kejadian yaitu Rabu, 28 Agustus 2019 lalu, Andi diajak korban naik motor bersama.

Namun di perjalanan, pelaku beralasan ingin ke rumah pacarnya sehingga korban pun mengikuti arah jalur yang ditunjukkan pelaku. "Di sana (lokasi) saya bilang mau buang air kecil dan dia berhenti. Lalu saya tusuk dia berulang kali," kata Andi pada Jumat (30/8/2019).



Setelah dipastikan tewas, Andi meninggalkan korban. Pelaku membawa harta korban berupa motor, tas berisi uang dan ponsel. "Motornya saya buang di Kali Krukut. Uangnya saya ambil," ujarnya.(Baca: Pembunuh Pedagang Ayam di Depok Sempat Mengaku Jadi Korban Begal)

Tak jauh dari lokasi pembuangan motor, pelaku sempat mampir di warung kopi. Kepada pemilik warung, korban mengaku telah dibegal dan minta diantar pulang. Pelaku pun bersembunyi di sekitar Jagakarsa, Jakarta Selatan. Uang hasil kejahatan langsung dipakai untuk bayar utang. "Saya punya utang Rp 4 juta. Saya enggak tahu harus gimana," katanya.

Dia pun mengaku menyesal atas perbuatan tersebut. Dia pun meminta maaf kepada keluarga korban. "Ya saya nyesal dan minta maaf," katanya. Andi pun dijerat pasal 365 jo 338 KUHP dengan ancamam hukuman 20 tahun hingga seumur hidup.

Kapolresta Depok AKBP, Azis Andriansyah mengungkapkan, kasus ini masuk kategori pembunuhan yang direncanakaan walaupun peristiwanya singkat. Pasalnya, pelaku sudah memiliki niat dan menyiapkan pisau. "Mengalihkan jalur, kemudian menyampaikan berpura-pura berhenti dijalan untuk buang air, ternyata saat buang air disitu dia melakukan pembunuhan," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak