PPK Kemayoran Revitalisasi Hutan Kota Berkonsep Three Worderful Journeys

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 16:51 WIB
PPK Kemayoran Revitalisasi Hutan Kota Berkonsep Three Worderful Journeys
PPK Kemayoran Revitalisasi Hutan Kota Berkonsep Three Worderful Journeys
A A A
JAKARTA - Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) melakukan revitalisasi terhadap hutan kota di wilayah mereka. Hutan kota seluas 22,3 hektare ini ditargetkan rampung pada November 2019 mendatang.

Nantinya, hutan kota Kemayoran akan memiliki fasilitas seperti plaza, panggung apung, viewing tower, dan fasilitas lain yang telah dibagi berdasarkan zona sarana dan prasarana yang direncanakan.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran, Riski Renando, mengungkapkan Kawasan Hutan Kota Kemayoran dikembangkan dengan konsep “Three Wonderful Journeys” dengan memadukan jalur hutan (forest trail), ekspedisi mangrove dan taman bermain air (water playground).

Dari pembangunan yang dilakukan terlihat jogging track yang sudah diperbaiki, juga jembatan gantung bercat merah yang sangat cocok untuk area fotografi. “Kami akan melengkapi sarana dan infrastruktur yang diperlukan agar nantinya masyarakat bisa nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti berolahraga jogging, naik sepeda dan juga menikmati wisata air,” ujar Riski melalui siaran persnya, Jumat (16/8/2019).

Tak hanya itu, Hutan Kota Kemayoran nantinya juga akan dilengkapi dengan amphitheatre sebagai ruang untuk menampilkan pentas seni. Kehadiran Hutan Kota Kemayoran ini nantinya dapat membuat masyarakat semakin merasakan kenyamanan dan melepas penat dari kegiatan rutin mereka.
PPK Kemayoran Revitalisasi Hutan Kota Berkonsep Three Worderful Journeys
Selain itu, Hutan Kota Kemayoran direncanakan untuk menjadi kawasan edukasi bagi para siswa sekolah dan masyarakat umum. Di hutan ini siapapun dapat menemui berbagai jenis pohon seperti kiara, pulai, sengon, bitangur, meranti dan juga trembesi yang diramaikan oleh kicauan burung kutilang, tekukur dan sebagainya.

Sementara di kawasan danau pengunjung bisa menikmati burung belibis beterbangan. Nantinya di tengah-tengah danau akan dilengkapi dengan sculpture, sebuah patung yang menggambarkan bahwa dahulunya kawasan Kemayoran ini merupakan sebuah bandara udara internasional pertama yang pernah ada di Indonesia.

Potensi luar biasa Hutan Kota ini akan dikembangkan sebagai salah satu unggulan Kawasan Kemayoran. Riski berharap masyarakat dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kawasan asri Hutan Kota Kemayoran.

Dengan pembangunan fasilitas Three Wonderful Journeys yang sedang dilakukan, kedepannya Hutan Kota Kemayoran diharapkan menjadi ruang terbuka hijau di ibukota yang nyaman bagi masyarakat untuk menikmati sarana rekreasi, konservasi dan edukasi.

Dengan demikian maka aset yang berada di bawah naungan Kementerian Sekretariat Negara ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6792 seconds (0.1#10.140)