Datangi Polda Metro, Bank Mandiri Laporkan Penyebar Hoaks Kebangkrutan

Kamis, 15 Agustus 2019 - 14:52 WIB
Datangi Polda Metro, Bank Mandiri Laporkan Penyebar Hoaks Kebangkrutan
Datangi Polda Metro, Bank Mandiri Laporkan Penyebar Hoaks Kebangkrutan
A A A
JAKARTA - Bank Mandiri melaporkan pembuat informasi dan penyebar hoaks tentang serangan siber dan kebangkrutan ke Polda Metro Jaya pada Kamis (15/8/2019). Informasi hoaks tersebut sangat berbahaya dan dapat menimbulkan keresahan di masyarakat

"Laporan telah kami daftarkan ke kepolisian dan saat ini kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk Dewan Pers, demi kelancaran proses hukum yang tengah berjalan. Sekali lagi kami tegaskan bahwa pesan gelap di media sosial dan aplikasi percakapan WhatsApp yang menginformasikan bahwa Bank Mandiri mengalami kerugian, akan segera bangkrut dan akan diambil China adalah tidak benar," ungkap Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas pada Kamis (15/8/2019).

Sebagai informasi, pada Rabu, 14 Agustus 2019 kemarin beredar tautan berita di pesan WhatsApp yang bersumber dari dua laman media massa mengenai serangan siber dan kebangkrutan Bank Mandiri. Artikel tersebut dinilai menyesatkan karena berisi informasi tidak benar tentang Bank Mandiri sebagai salah satu bank milik negara.

Bank Mandiri, mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya atau terprovokasi dengan berita-berita hoaks yang menyesatkan. “Tindakan penyebaran isu yang memberikan informasi menyesatkan semacam ini tentu melanggar UU ITE. Kami mengajak masyarakat untuk dapat mencegah peredaran berita hoaks yang kerap terjadi di media sosial dan aplikasi percakapan mobile,” tegas Rohan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Iwan Kurniawan mengatakan, telah menerima laporan terkait hal tersebut. "Sedang kami analisa laporannya. Apakah nantinya laporannya dilanjutkan semuanya tergantung dari hasil pemeriksaan yang sedang dilakukan," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2278 seconds (0.1#10.140)