alexametrics

Alasan Anies Pilih Upacara HUT Kemerdekaan di Pulau Reklamasi

loading...
Alasan Anies Pilih Upacara HUT Kemerdekaan di Pulau Reklamasi
Bangunan yang sudah berdiri di Pulau D Reklamasi. Foto: dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 di Pulau D hasil reklamasi atau Pantai Maju, pada Sabtu (17/8/2019). Tujuannya untuk menghilangkan stigma di masyarakat tentang keberadaan pulau reklamasi yang dikenal sebagai wilayah pribadi atau private.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dahulu lahan hasil reklamasi adalah wilayah tertutup, bahkan media tidak bisa masuk karena dijaga ketat. Dengan diselenggarakannya upacara HUT Kemerdekaan di sana, masyarakat akan mengetahui bahwa pulau hasil reklamasi merupakan milik negara. Artinya, seluruh elemen warga negara berhak untuk masuk ke kawasan tersebut.

"Kami adakan upacara di sana sebagai simbol Tanah Air kita, yang dulunya dikuasai dan tertutup oleh swasta. Jadi ini sebuah pesan bahwa tidak ada wilayah eksklusif dan tertutup. Ini milik kita, milik Republik Indonesia," tegas Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/8/2019).



Anies menyebut nuansa upacara nanti berbeda dibanding tahun sebelumnya. Saat perayaan HUT RI ke-73 pada 17 Agustus 2018 lalu, Anies bersama ribuan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta menggelar apel upacara di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH dan KLN) DKI Jakarta mencatat ada sekitar 4.000 ASN di pemerintahan setempat yang akan mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Pantai Maju pada Sabtu mendatang. DKI telah menyiapkan 75 bus di sejumlah titik untuk keberangkatan para ASN ke lokasi tersebut.

Kepala Biro KDH dan KLN DKI Jakarta, Muhammad Mawardi, mengatakan, ASN yang mengikuti upacara ini bertugas di lingkungan Pemprov DKI. Sementara ASN yang bertugas di enam wilayah tingkat dua, seperti Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu, mereka menggelar apel di wilayah masing-masing.

"Sekitar 4.000 orang itu dari semua SKPD (Satuan Perangkat Kerja Daerah), kecuali yang enam wilayah itu (5 kota dan 1 kabupaten)," ungkapnya. (Baca: Pemprov DKI Akan Gelar Upacara Kemerdekaan RI di Pulau Reklamasi)

Mawardi menyebut, para ASN itu nantinya diberangkatkan oleh 75 bus yang tersebar di berbagai wilayah. Titik penjemputannya di antaranya Balai Kota, Dinas Teknis Jatibaru, Dinas Teknis Abdul Muis, Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Kemudian, Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Rencananya Anies Baswedan akan menjadi Inspektur Upacara. Dalam kegiatan ini, Mawardi juga mengundang Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

"Pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI nanti sebetulnya sama saja dengan tahun lalu. Namun yang membedakan adalah lokasi pelaksanaannya. Tahun lalu kami menggelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat tapi tahun ini diadakan di Pantai Maju hasil reklamasi," ungkapnya.

Pada Kamis (15/8) besok akan ada sejumlah ASN, termasuk petugas Paskibra yang akan melaksanakan Gladiresik di lokasi. Mereka berlatih sekaligus mempersiapkan untuk pelaksanaan upacara Kemerdekaan RI di Pulau D hasil reklamasi. (Baca juga: Soal IMB di Pulau D Reklamasi, Anies Merasa Tersandera Kebijakan Ahok)

"Untuk hiasan hanya ada umbul-umbul dan tenda. Kita siapkan tenda juga untuk kesehatan termasuk tenaga medis dan 12 ambulans," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak