Sepanjang 2019, 152 Kasus Kebakaran Terjadi di Bekasi

Senin, 12 Agustus 2019 - 15:34 WIB
Sepanjang 2019, 152 Kasus Kebakaran Terjadi di Bekasi
Sepanjang 2019, 152 Kasus Kebakaran Terjadi di Bekasi
A A A
BEKASI - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi mencatat sepanjang 2019 ini telah terjadi sebanyak 152 kasus kebakaran. Sebagian besar penyebab kebakaran di Kota Bekasi adalah korsleting listrik.

"Hingga Agustus ini, tercatat sebanyak 152 insiden kebakaran terjadi di Kota Bekasi," ungkap Kabid Pemadaman, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Zaenal Senin (12/8/2019).

Menurut Zaenal, sebagian besar penyebab kebakaran di Kota Bekasi adalah konsleting listrik. Biasanya akibat korsleting listrik tersebut muncul percikan api.
Api tersebut mulai menyambar benda-benda sekitarnya sehingga lambat laun api semakin membesar.

Zaenal menuturkan, penyebab kebakaran akibat korsleting listrik ada 71 kejadian. Dari 12 kecamatan di Kota Bekasi, lanjut Zaenal, kejadian kebakaran terbanyak di Bekasi Selatan 17 kasus. Selanjutnya Bekasi Timur dan Rawalumbu sebanyak 16 kejadian.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi, Aceng Solahudin mengaku sudah melakukan langkah antisipatif bagi warga agar bisa mencegah terjadinya kebakaran. Salah satu upayanya adalah memberikan sosialisasi agar warga berhati-hati terhadap hal-hal yang berpotensi kebakaran di sekitar tempat tinggal maupun lingkunganya.

"Misalnya dengan penggunaan beban listrik tinggi, kabel listrik yang sudah berusia relatif lama baik gedung maupun di rumah," katanya. Selain itu, Aceng mengimbau agar warga Kota Bekasi tidak membakar sampah sembarangan di dekat benda lain yang mudah masyarakat. Dia pun meminta agar warga meningkatkan kepedulian akan bahaya kebakaran dan cara pencegahannya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4193 seconds (0.1#10.140)