Budidaya Ikan Bioflok, Warga Depok Bentuk Ketahanan Pangan di Perkotaan

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 23:00 WIB
loading...
A A A
Per tiga bulan sekali ASN Komnas HAM itu bisa panen hingga 70 Kg ikan lele. "Ikannya dikonsumsi sendiri dan dibagi-bagikan ke tetangga," tuturnya.

Ikan lele (Clarias gariepinus) sendiri terbukti memiliki kandungan gizi tinggi, di antaranya protein, fosfor, kalium, lemak, omega-3, omega-6, dan vitamin B12. Budidaya kolam ikan lele bioflok ini mencerminkan kesadaran warga atas pentingnya ketahanan pangan di wilayah sekitar. Sumber pangan mereka ciptakan sendiri di tengah lingkungan perkotaan yang terbatas sehingga aksesibilitas terhadap sumber bahan protein hewani terpenuhi.

Dalam berbagai kesempatan Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Suwandi, menekankan pentingnya konsep integrated farming. Sistem pertanian terpadu merupakan sistem integrasi pertanian yang menggabungkan beberapa sektor, yakni pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan kehutanan, sebagai solusi untuk meningkatkan produktivitas lahan dan konservasi lingkungan.

“Sektor pertanian Indonesia harus tangguh sehingga dalam menghadapi berbagai macam goncangan, tetap eksis menyediakan makan rakyat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara mikro dan makro. Pola integrated farming salah jawaban dari hal ini,” katanya, beberapa waktu lalu.

Saat ini ada lima fokus kerja Kementan dalam mengupayakan percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi sosial paska Covid-19. Program tersebut antara lain, program ketersediaan akses dan konsumsi pangan berkualitas (program spesifik), program nilai tambah untuk daya saing industri (program lintas K/L), riset dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi (program lintas K/L), pendidikan dan pelatihan vokasi, dan program dukungan manajemen.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)