88.531 Hewan Kurban Serbu Jakarta, 198 Sakit dan 349 Tak Penuhi Syarat

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 21:01 WIB
88.531 Hewan Kurban Serbu Jakarta, 198 Sakit dan 349 Tak Penuhi Syarat
88.531 Hewan Kurban Serbu Jakarta, 198 Sakit dan 349 Tak Penuhi Syarat
A A A
JAKARTA - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mencatat sebanyak 88.531 hewan kurban diperjualbelikan di kawasan ibu kota. Dari jumlah itu, tercatat ada 198 hewan sakit, 10 cacat, dan 349 hewan belum memenuhi syarat disembelih karena faktor usia.

Adapun hewan kurban yang tidak sehat itu terdiri dari sapi, kerbau, kambing, dan domba. Seluruh hewan kurban yang dijual di Jakarta berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Hewan yang dijual itu bagus, itukan datangnya dari daerah ternaknya, cuma karena dalam perjalanan jauh. Jadi intinya sih pada umumnya ternak yang dijual di ternak itu sehat, kalau sakit itu ada batuk, kena debu mata merah," ujar Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Rismi, kepada wartawan, Jumat (9/8/2019).

Meskipun begitu, hewan yang akan disembelih nanti termasuk ke dalam kategori sehat. Terkait penemuan hewan yang sakit, pihaknya telah memberikan suplemen kepada para penjual.

"Mereka penjual sudah paham ini ternak untuk kurban ada syarat yang dipenuhi untuk bisa dijadikan ternak kurban, salah satunya kesehatan tadi, mereka jadi sudah paham. Jadi ternak yang dikirim sudah kualitas sehat untuk kurban," tandasnya.

Pada saat hari H penyembelihan kurban nanti, Dinas KPKP akan menerjunkan tim ke setiap masjid guna memantau hewan yang akan dipotong. "Pada saat hari H penyembelihan itu, kita juga melakukan pemeriksaan antemortem untuk hewan yang akan disembelih, kita periksa ulang di masjid masjid," tutupnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7553 seconds (0.1#10.140)