alexametrics

Pemkot Jakarta Selatan Percantik Perkampungan di Sembilan Kelurahan

loading...
Pemkot Jakarta Selatan Percantik Perkampungan di Sembilan Kelurahan
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Penataan perkampungan di Jakarta Selatan melalui program Community Action Plan (CAP) 2019, segera dimulai. Saat ini proses lelang sudah selesai dilaksanakan.

Kepala Suku Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jakarta Selatan Herry Poernama mengatakan, Program CAP yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan kualitas hidup masyarakat yang menjadi Kegiatan Strategis Daerah (KSD) sudah bisa segera dilaksanakan. Untuk awal, penataan perkampungan akan dilakukan di 13 RW dari sembilan wilayah kelurahan.

"Saat ini 13 RW yang menjadi target program CAP 2019 sudah selesai proses lelangnya dan masuk pada tahap pelaksanaan. Tidak hanya akan dilakukan penataan yang bersifat fisik, tapi juga meliputi aspek sosial dan ekonomi bagi warga setempat yang dilakukan secara bertahap," ujarnya, Kamis (8/8/2019).



Herry merinci, penataan kampung akan dilakukan di RW 05, Kelurahan Ragunan; RW 08, Kelurahan Pejaten Barat; RW 05, 07, dan RW 08 di Kelurahan Pejaten Timur; RW 01, Kelurahan Cilandak Barat; RW 06 dan RW 11 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan; RW 02 Kelurahan Kebayoran Lama Utara; RW 01 dan RW 07, Kelurahan Gandaria Selatan; RW 02 Kelurahan Cipulir; serta di RW 05 Pondok Pinang.

"Berdasarkan hasil pendataan, di Jakarta Selatan masih ada 90 lokasi perkampungan yang perlu ditata. Secara betahap kita akan selesaikan melalui pola partisipatif kolaboratif," terangnya.

Setelah pelaksanaan program CAP, penataan kampung akan memasuki tahap Collaborative Implementation Program (CIP) yang menjadi acuan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait dalam melakukan penataan.

"Penataan perkampungan di DKI Jakarta menjadi insiatif Pak Gubernur dan sudah memiliki payung hukum berupa Pergub Nomor 90 Tahun 2018 tentang Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu," tukasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak