alexametrics

Bakal Berlakukan Sistem Ganjil Genap, BPTJ Apresiasi Pemprov DKI

loading...
Bakal Berlakukan Sistem Ganjil Genap, BPTJ Apresiasi Pemprov DKI
Ilustrasi, petugas Dishub DKI memasang spanduk aturan ganjil genap di jalan. Foto: dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Rencana Pemprov DKI untuk memperluas sistem ganjil genap di beberapa jalan mendapat apresiasi dari Badan Pengelola Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (BPTJ). Karena berdasarkan praktik saat Asian Games, pemberlakukan ganjil genap mampu mengurangi tingkat polutan.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan segera menyelenggarakan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap pada 9 Agustus 2019 mendatang.

Menurut Bambang, sebelum Pemprov DKI memutuskan sudah dilakukan forum group discussion (FGD) undang stakeholder terkait. Semua memberi masukan berdasarkan saran dari seluruh stakeholder. (Baca: DKI Tetapkan 16 Ruas Jalan Baru Terkena Aturan Ganjil Genap)



"Akhirnya kemarin, Pemprov DKI mengambil kesimpulan tentu setelah pak dishub melapor ke pak gubernur. Intinya adalah kami BPTJ memberi apresiasi pak gubernur yang cukup responsif cepat, tidak cuma responsif tapi juga cepat," urai Bambang kepada wartawan, Kamis (8/8/2019).

Bambang menambahkan, pihaknya terus memberikan masukan kepada Pemprov DKI untuk bisa mengurangi kepadatan lalu lintas. Ia mencontohkan kondisi lalu lintas yang cukup baik terjadi pada aaat Asian Games 2018 lalu. (Baca juga: Dishub DKI Tegaskan Sepeda Motor Tidak Kena Aturan Ganjil Genap)

"Yang kami usulkan adalah menawarkan kondisi, kondisi seperti apa? Bahwa best making kita adalah Asian Games, jadi Asian Games kita bisa merasakan lalu lintasnya mengalami perubahan yang signifikan," jelasnya.

Bahkan, kata Bambang, saat diterapkan ganjil genap dalam momen Asian Games gas buang turun cukup drastis. "Kita berhasil menekan sampai angka 20 persen, itu realita di lapangan, kita membuktikan," tutupnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak