alexametrics

Disindir Ridwan Kamil, Bekasi Mulai Perbaiki Jalan Raya Babelan

loading...
Disindir Ridwan Kamil, Bekasi Mulai Perbaiki Jalan Raya Babelan
Petugas tengah melakukan perbaikan Jalan Raya Babelan di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Foto/Abdullah M Surjaya/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mulai memperbaiki Jalan Raya Babelan di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Alokasi perbaikan dianggarkan sebesar Rp18,8 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019. Sebelumnya, jalan rusak ini sempat viral dan disinggung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Perbaikan sudah kami lakukan sejak pekan lalu, selain untuk perbaikan jalan, anggaran itu untuk membangun infrastruktur yang terintegritas di Kecamatan Babelan," ujar Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi Iman Nugraha di Kabupaten Bekasi, Selasa (6/8/2019).

Tahun ini, pemerintah fokus benahi infrastruktur di wilayah Utara Bekasi. Apalagi, kata dia, infrastruktur di Babelan menjadi atensi pemerintah daerah setelah banyak warga yang mengeluhkan perbaikan jalan tersebut, bahkan tak sedikit warganet yang menyampaikan aspirasinya itu ke Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Atas keluhan itu, pemerintah langsung melakukan prioritas pembangunan.



Iman mengatakan, perbaikan ruas Jalan Raya Kebalen akan dibarengi dengan pembenahan saluran air atau drainase serta jalur pejalan kaki atau trotoar dengan tujuan untuk memperindah infrastruktur di wilayah Babelan. "Jadi sekaligus drainase dan pedestriannya. Agar kendaraan nyaman dan pejalan kaki aman," katanya.

Dari alokasi anggaran yang disediakan, sebanyak Rp9,9 miliar di antaranya akan digunakan untuk perbaikan jalan rusak dari batas Kota Bekasi hingga Pangkalan, Babelan sepanjang 2,7 kilometer. Kemudian peningkatan struktur Jalan Bojongkaratan, Bunibakti CBL sebesar Rp7 miliar, penataan drainase dan trotoar sebesar Rp1,6 miliar dibatas Kota Bekasi-Desa Kebalen.

Kemudian pelebaran Jembatan Warung Ayu I dan II sebesar Rp174 juta dan Rp99 juta. Rencananya, perbaikan itu akan ditarget rampung November mendatang. Sehingga, pembangunan infrastruktur terus dikebut agar secepatnya bisa dinikmati warga Babelan. "Kita target sebelum akhir Novemver sudah rampung," tegasnya.

Iman mengapresiasi keterlibatan masyarakat yang turut membantu serta mengatur lalu lintas selama perbaikan jalan berlangsung. Dia juga mengimbau warga agar mencari jalan alternatif hingga perbaikan jalan nanti tuntas dikerjakan.

"Kami sudah mulai perbaikan dan saya sangat apresiasi warga begitu antusias dalam membantu proses pembangunan infrastruktur," ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Jejen Sayuti meminta perbaikan infrastruktur di wilayah Kecamatan Babelan harus dengan kualitas yang sangat baik. Sebab, anggaran yang dikucurkan untuk pembenahan infrastruktur di Babelan sangat besar.

"Jangan sampai baru diperbaiki beberapa bulan, sudah mulai rusak lagi. Jadi harus dibuat dengan kualitas yang baik," katanya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini meminta warga yang berada di Utara Kabupaten Bekasi untuk bersabar terkait infrastruktur wilayahnya. Karena, pemerintah tengah fokus untuk memperbaiki infrastruktur di Utara Bekasi secara bertahap.

"Perbaikan memerlukan anggaran besar, jadi perbaikan maupun penataan unfrastruktur akan dilakukan secara bertahap," tegasnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak