Seniman Debus Banten Sebut Aksi Abah Grandong Makan Kucing Bukan Debus

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 11:09 WIB
Seniman Debus Banten Sebut Aksi Abah Grandong Makan Kucing Bukan Debus
Seniman Debus Banten Sebut Aksi Abah Grandong Makan Kucing Bukan Debus
A A A
JAKARTA - Aksi nekatnya Abah Sanca Grandong memakan kucing hidup-hidup bukanlah aksi dari kebudayan khas Banten yakni Debus. Menurut seniman sekaligus pelaku Debus, tidak ada dalam sejarah Debus makan binatang hidup-hidup dalam atraksinya.

Tokoh dan pelaku Debus Banten Iip Nukip mengatakan, jangan samakan setiap aksi yang di luar nalar manusia dikatakan Debus. "Aksi Abah Grandong itu di luar Debus, sekalipun yang dimakan ayam hidup juga," kata Iip ketika berbincang dengan SINDOnews, Jumat (2/8/2019)

Makanya, Iip menyayangkan jika ada yang menyebut aksi makan kucing hidup yang dilakukan Abah Grandong disebut kesenian Debus. "Apalagi ini kucing hidup. Apapun hewan yang dimakan dalam keadaan hidup walau dengan iringan gendang persilatan itu belum tentu debus," terangnya. (Baca Juga: Viral Video Pria Makan Kucing Hidup-Hidup, Pelaku Diburu Polisi)

Menurut Iip, tidak ada dalam sejarah atraksi debus makan binatang yang masih hidup. Apalagi yang dimakan kucing seperti yang dilakukan Abah gondrong. "Tidak ada dalam sejarah atraksi debus makan kucing hidup," tegasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8927 seconds (0.1#10.140)