alexametrics

Universitas Bakrie Jadi Tuan Rumah Jakarta Model United Nations

loading...
Universitas Bakrie Jadi Tuan Rumah Jakarta Model United Nations
Ketua Indonesian Student Association For International (ISAFIS), Yustina Dinar Moneta bersama delegasi untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, MR Rafael De Bustamante Tello.Foto/SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A+ A-
JAKARTA - Jakarta Model United Nations (MUN) merupakan kegiatan simulasi konferensi PBB berskala internasional yang diikuti oleh para delegasi dari berbagai negara. JMUN 2019 akan digelar di Universitas Bakrie, pada 1-4 Agustus 2019.

Kegiatan ini merupakan simulasi Sidang Umum PBB, di mana para peserta akan mewakili delegasi negara PBB untuk menghasilkan resolusi bagi perubahan dunia. Kabag Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI Jakarta, Jafar Abdul Malik mengatakan, Pemprov selalu memberikan dukungan dalam aktivitas kepemudaan.

Pada kegiatan JMUN ini, bakal diperkenalkan kebudayaan Betawi kepada para peserta yang merupakan siswa SMA dan mahasiswa dari dalam dan luar negeri."Kami ingin memperkenalkan budaya Betawi kepada para pemuda dan juga dunia internasional," kata Jafar dalam pembukaan Jakarta Model United Nations di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).



Kepala Biro Humas Universitas Bakrie Sri Pratiwi mengatakan, Universitas Bakrie sudah menjadi host dari JMUN untuk ketiga kalinya. Universitas Bakrie sangat mendukung kegiatan kaum milenial yang terkait dengan pembahasan isu-isu global.

"Kegiatan seperti ini sangat bagus untuk melatih para peserta (siswa SMA dan Mahasiswa) untuk meningkatkan softskills mereka dalam hal negosiasi, diplomasi serta problem solving untuk berkontribusi secara aktif dan memberikan resolusi yang tepat sebagai upaya positif untuk memberikan kontribusi bagi dunia," kata Sri.

Ketua Panitia JMUN 2019, Dizza Aliftsa mengungkapkan, peserta JMUN terdiri dari 37 tim siswa SMA dan mahasiswa Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri; diantaranya; Universitas Bakrie, UI, UGM, ITB, Universiti Utara Malaysia, National University of Singapore, Tokyo International University.

"Jumlah delegasi yang hadir 130 orang. Dari tingkat SMA sampai universitas. Mereka akan diberikan kesempatan untuk memberikan pandangan soal isu-isu global seperti kesenjangan kesejahteraan dan diskriminasi terhadap kalangan minoritas," jelasnya.

Ditambahkannya, Jakarta MUN merupakan salah satu lomba simulasi persatuan negara-negara yang paling dihormati di Jakarta. Acara tersebut merupakan agenda tahunan yang diadakan Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) semenjak 2011.

Program ini mengajak dan melatih anak muda dari SMA sampai kuliah untuk mencari solusi yang dapat diaplikasikan kepada isu-isu internasional yang sedang. Para peserta akan melaksanakan debat dan beberapa rangkaian diskusi, sehingga mampu melatih kemampuan negosiasi dan diplomasi yang akan sangat berguna di masa yang akan mendatang.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak