alexametrics

Bidik Jakbar dan Jakut, PAM Jaya Bakal Pasang Jaringan Pipa Baru

loading...
Bidik Jakbar dan Jakut, PAM Jaya Bakal Pasang Jaringan Pipa Baru
Pemasangan pipa baru untuk warga Jakarta. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melakukan program pipanisasi air bersih kepada masyarakat yang sulit mendapatkan akses air pipa. Karena, penggunaan air tanah yang berlebihan dapat menyebabkan permukaan tanah menurun.

Direktur Utama Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya Priyatno Bambang Hernowo menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mengembangkan jaringan pipa ke wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang belum terlayani air perpipaan khususnya di wilayah Pegadungan, Tegal Alur, Kamal Muara dan Kamal.

"Jalur pipa tersebut diproyeksikan untuk melayani sekitar 30.000 sambungan baru dan dialiri dari IPA Hutan Kota yang berkapasitas 500 lps, total panjang pipa primer dan pipa distribusi SPAM Hutan sepanjang 120 KM," ujar Priyatno saat dihubungi SINDOnews, Senin (22/7/2019).



Dia menambahkan, pembangunan SPAM IPA Hutan Kota sudah dimulai sejak tahun 2018 dan akhir tahun 2019 diharapkan sudah mengaliri air ke rumah-rumah warga di wilayah tersebut.

"Belum lama ini (PT) Aetra juga melakukan proyek pipanisasi di Jalan Gongseng Raya dengan panjang pipa 474 m, pekerjaan tersebut selesai pada tanggal 3 juli 2019 lalu," tuturnya.

Sekadar diketahui, total pipa PAM JAYA yang terpasang di Jakarta sampai dengan tahun 2018 sepanjang 11.000 KM melayani pelanggan sebanyak 862.850 dengan total kapasitas produksi sebanyak 20.225 lps.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak