alexametrics

Waduk Rambutan Ciracas Jadi Percontohan Program Naturalisasi Waduk

loading...
Waduk Rambutan Ciracas Jadi Percontohan Program Naturalisasi Waduk
Dinas SDA DKI Jakarta menjadikan waduk Rambutan 1 dan waduk Rambutan 2 Ciracas, Jakarta Timur, sebagai percontohan normalisasi waduk di Jakarta. Foto/Okto Rizki Alpino
A+ A-
JAKARTA - Guna merealisasikan program normalisasi waduk, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menjadikan waduk Rambutan 1 dan waduk Rambutan 2 di Kelurahan Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, sebagai percontohan normalisasi waduk di Jakarta.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini Yusuf, mengatakan bahwa penataan waduk Rambutan 1 dan waduk Rambutan 2 akan dikerjakan pada awal Agustus dan direncanakan rampung pada akhir tahun ini.

"Nilai anggarannya sekitar Rp20 miliar, kita menggunakan mekanisme lelang untuk pengerjaan proyek itu," ujar Juani Yusuf saat dikonfirmasi, Minggu (21/7/2019).



Dia menuturkan, konsep normalisasi waduk Rambutan 1 dan waduk Rambutan 2 nantinya akan disediakan fasilitas pendukung sebagai ruang publik.

"Kami ingin menjadikan Waduk Rambutan 1 dan Waduk Rambutan 2 ini sebagai tempat rekreasi dan warga juga bisa saling berinteraksi. Nanti akan dibuatkan fasilitas jogging track, hingga sarana bermain anak," tuturnya.

Dia menambahkan program naturalisasi waduk Rambutan 1 dan waduk Rambutan 2 memiliki peranan penting dalam sistem pengendalian air di Jakarta, karena terhubung langsung dengan kali Cipinang.

"Keberadaan Waduk Rambutan dapat meminimalisir potensi banjir di wilayah Pinang Ranti, Makasar, Halim Perdanakusuma, dan Kramat Jati," imbuhnya. (Baca Juga: DKI Fokus Pengerukan Waduk dan Drainase di Musim Kemarau)
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak