alexametrics

Direlokasi ke Kalideres, DKI Tanggung Pencari Suaka Selama Seminggu

loading...
Direlokasi ke Kalideres, DKI Tanggung Pencari Suaka Selama Seminggu
WNA pencari suaka memenuhi Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di trotoar depan Masjid Ar Rayyan Kementerian BUMN. Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A+ A-
JAKARTA - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menegaskan, warga negara Afghanistan yang sempat "bermukim" di trotoar Jalan Kebon Sirih, Manteng, Jakarta Pusat, sudah dipindah ke Kalideres, Jakarta Barat. Selama tujuh hari ke depan para pencari suaka itu akan dibantu oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Mungkin nanti kita melalui dinas sosial (dinsos), kurang lebih selama satu minggu menjadi tanggungan kita," kata Saefullah di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).

Pemprov DKI meminta United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) untuk segera memenuhi kebutuhan pencari suaka tersebut dikemudian hari. Sebab, pemda dalam hal ini tak bisa berbuat banyak.



"Selebihnya kita berharap UNHCR meneruskan hal itu sampai persoalan itu tuntas," kata Saefullah. (Baca juga: Jumlah Terus Meningkat, Pencari Suaka di Kebon Sirih Direlokasi)

Adapun soal dana yang digunakan untuk membantu para pencari suaka berasal dari dana darurat. (Baca juga: Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Minta Kejelasan UNHCR)

"Di Dinsos itu sudah ada pagu, kalau buat kedaruratan itu emang sudah ada. Jadi enggak repot-repot lagi, ada kebakaran, kebanjiran, musibah lain, darurat seperti ini itu bisa dipakai," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merelokasi para pencari suaka yang berada di trotoar Kawasan Kebon Sirih ke lahan eks kodim Jakarta Barat. Di tempat tersebut, Pemprov DKI menyediakan tenda dan keperluan MCK.

Alasan pemindahan, selain karena kemanusiaan Pemprov DKI memindahkan agar keberadaan para pencari suaka tidak mengganggu akses pengguna jalan maupun pejalan kaki.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak