alexametrics

Coran Tiang Penyangga Tol BORR Ambruk, Dua Pekerja Terluka

loading...
Coran Tiang Penyangga Tol BORR Ambruk, Dua Pekerja Terluka
Alat berat masih berusaha membersihkan material coran dari badan jalan. Foto: SINDONEWS/Haryudi
A+ A-
BOGOR - Coran tiang penyangga proyek pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA di Jalan Soleh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, ambruk, Rabu (10/7/2019) sekitar pukul 05.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun dua orang pekerja mengalami luka ringan akibat tertimpa material.

Kedua korban luka adalah Acil (25) dan Hanif (25), dua pekerja proyek dari PT Pembangunan Perumahan (PP). Saat ini keduanya sudah menjalani perawatan di Rumah Sakit Hermina Bogor.

Untuk memudahkan proses evakuasi dan menghindari peristiwa serupa, arus lalu lintas dari arah Bogor menuju Parung maupun sebaliknya, sudah dialihkan.



Berdasarkan pantauan SINDONEWS, ambruknya coran tiang penyangga proyek jalan bebas hambatan pengurai kemacetan di Kota Bogor itu menutup sebagian ruas Jalan Soleh Iskandar yang berada di bawahnya (ruas Bogor - Parung).

Hingga pukul 10.00 WIB, terlihat puluhan pekerja dari PT PP dibantu dua alat berat masih berusaha membersihkan material coran dari badan jalan.

Kapolsek Tanah Sareal, AKP Sarip Samsu menyebutkan belum dalam memastikan penyebab ambruknya tiang penyangga proyek Tol BORR itu. Saat ini anggotanya masih berada di lapangan untuk melakukan penyelidikan. "Anggota kita masih di sana dari pagi, mohon waktu ya," kata Sarip, dikonfirmasi, Rabu (10/07).

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmodjo sebelumnya menyebutkan, menjelaskan, peristiwa itu terjadi saat proses pengecoran beton berjalan, tiba-tiba balok penyangga (formwork/cetakan pier head) tidak kuat sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri di bawahnya.

“Kejadian tersebut terjadi saat pengecoran pada truck mixer yang ke 22 dari total rencana 25 truck mixer,” jelas Hendro.

Demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, pihak PT MSJ telah menghentikan pekerjaan sementara untuk mengevaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh bersama Kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan Konsultan PT Indec KSO, agar kejadian yang sama tidak terjadi di waktu mendatang.
(thm)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak