Anies Kukuhkan 166 Petugas Pendamping Jamaah Calon Haji Asal DKI

Rabu, 03 Juli 2019 - 11:45 WIB
Anies Kukuhkan 166 Petugas Pendamping Jamaah Calon Haji Asal DKI
Anies Kukuhkan 166 Petugas Pendamping Jamaah Calon Haji Asal DKI
A A A
JAKARTA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengukuhkan 166 petugas yang mendampingi jamaah calon haji asal provinsi DKI Jakarta di Balai Agung, Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat.

Petugas pendamping jamaah ini terdiri atas pembina ibadah haji dan petugas kesehatan yang telah mendapatkan pelatihan terintegrasi baik di tingkat daerah maupun pusat.

"Bertugas di dalam kegiatan haji bukanlah pekerjaan yang sederhana. Tugasnya tidak kecil, tugasnya besar. Bagaimana mereka mengelola (kebutuhan) orang tua-orang tua kita yang menunaikan ibadah haji di saat sudah dalam kondisi uzur, itu bukan sesuatu yang sederhana," ujar Anies dalam sambutannya di Balai Kota DKI, Rabu (3/7/2019).
Anies Kukuhkan 166 Petugas Pendamping Jamaah Calon Haji Asal DKI

Mantan Mendikbud itu menambahkan, bahwa tugas yang besar dan tidak sederhana tersebut bukanlah sesuatu yang berat apabila diiringi dengan keikhlasan. Lebih lanjut, Anies menyatakan tugas utama petugas pendamping jemaah haji bukan menunaikan ibadah haji, melainkan untuk membimbing, membina, dan merawat kesehatan jemaah haji.

Anies menambahkan, jemaah dan petugas pendamping haji asal Indonesia telah dikenal sebagai jemaah yang teratur selama beribadah haji. "Nama baik Indonesia itu luar biasa. Karena itu kalau (kuota haji) ditambah dari Indonesia, artinya menambah orang yang tertib, menambah orang yang bisa diatur. Karena itu jaga nama baik itu," jelas Anies lebih lanjut.

Selanjutnya, Anies menuturkan pesan ketiga agar petugas pendamping menjaga kesehatan dan dikuatkan selama menjalankan amanah dalam mendampingi jamaah calon haji asal DKI Jakarta. Apalagi jamaah calon haji DKI Jakarta yang akan didampingi oleh 166 petugas pendamping pada tahun 2019/ 1440 H ini berjumlah kurang lebih 7.891 orang.

Kemudian Anies juga menyampaikan pesan agar setiap petugas menuliskan catatan pengalaman selama mendampingi jemaah haji. Anies berharap pengalaman yang tertulis akan menjadi akumulasi pengetahuan dan dapat diwariskan kepada petugas-petugas di masa yang akan datang.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9488 seconds (0.1#10.140)