alexametrics

7 Kecelakaan Kerja yang Hebohkan Publik Jakarta

loading...
7 Kecelakaan Kerja yang Hebohkan Publik Jakarta
Foto: Ilustrasi/SINDONEWS/Dok
A+ A-
JAKARTA - Baru-baru ini, jagad media sosial dihebohkan dengan kasus kecelakaan kerja yang menimpa seorang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta bernama Selha Purba. Petugas PPSU cantik itu ditabrak oleh pengendara motor saat bertugas di kawasan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Selasa 25 Juni 2019, pagi.

Akibat kecelakaan itu Selha mengalami luka serius di sekujur tubuhnya. Dalam catatan SINDONEWS, banyak kecelakaan kerja di Jakarta yang mendapat perhatian publik. Terlebih dalam beberapa tahun belakangan, banyak korban dalam kecelakaan kerja di proyek-proyek konstruksi yang berada di Jakarta dan sekitaranya.

Dalam rangka menyambut ulang tahun ke-7 bertema Moving Forward, SINDONEWS menyajikan tujuh peristiwa kecelakaan kerja yang cukup mendapat perhatian publik di Ibu Kota dan sekitarnya. Berikut daftar tujuh kecelakaan kerja yang hebohkan publik Jakarta:



1. Tiang Girder Proyek Pembangunan Tol Becakayu Roboh, Timpa 7 Pekerja

7 Kecelakaan Kerja yang Hebohkan Publik Jakarta


Tiang girder proyek pembangunan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, roboh pada Selasa, 20 Februari 2018. Sebanyak tujuh pekerja dinyatakan kritis dalam peristiwa itu. Tiang girder proyek pembangunan Tol Becakayu roboh saat para pekerja sedang melakukan pengecoran tiang pancang.

Dalam tiang itu, terdapat bracket timber sebagai penyangga untuk alat yang dicor. Pada saat para pekerja memasukkan cor ke dalam tiang pancang tersebut, bracket timber terlepas dan jatuh, sehingga seluruh material cor dan bracket timber itu jatuh dan tujuh orang pekerja tertimpa serpihan material cor, termasuk bracket timber.

2. Tembok Underpass Bandara Soetta Longsor, Timbun 2 Orang di Mobil

7 Kecelakaan Kerja yang Hebohkan Publik Jakarta


Peristiwa tragis ini terjadi pada Minggu malam, 5 Februari 2018, di underpass Jalan perimeter Selatan Bandara Soekarno Hatta. Longsoran tanah itu menimbun mobil Honda Brio yang ditumpangi dua wanita, yakni Dianti Diah Ayu Cahyanti Putri dan Muthmainah.

Perlu 12 jam bagi Tim SAR untuk mengevakuasi korban dari material longsor. Dalam peristiwa ini, Diah Ayu Cahyanti Putri meninggal dunia setelah dalam perawatan rumah sakit.

3. Crane Proyek Pembangunan DDT Jatinegara Ambruk, Tewaskan 4 Pekerja

7 Kecelakaan Kerja yang Hebohkan Publik Jakarta


Crane proyek double-double track (DDT/jalur dwiganda) di Jalan Matraman Raya, Jatinegara, Jakarta Timur, ambruk pada Minggu, 4 Februari 2018. Empat pekerja dinyatakan tewas dalam insiden ini.

Polisi memastikan ambruknya crane pengangkut beton proyek DDT kereta api di jalur Manggarai-Jatinegara itu akibat human error. Crane yang digunakan untuk mengangkut bantalan DDT tak terpasang sempurna atau bantalan belum pas pada posisinya. Akibatnya crane dan bantalan terjatuh hingga mengenai empat pekerja yang berada di bawah. olisi menetapkan operator crane bernama Ahmad Nasiki sebagai tersangka.

4. Beton Girder Proyek LRT Pulo Gadung Roboh, Lukai 5 Pekerja

7 Kecelakaan Kerja yang Hebohkan Publik Jakarta


Konstruksi proyek Light Rapid Transit (LRT) di Jalan Kayu Raya, Pulo Gadung, Jakarta Timur, roboh pada Senin 22 Januari 2018. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 00.20 WIB itu melukai 5 pekerja proyek. Robohnya box girder dan beton span LRT Pulo Gadung ini merupakan bagian dari proyek Koridor 1 LRT.

Ada enam stasiun pemberhentian, antara lain Stasiun Depot di Jalan Pegangsaan Kelapa Gading, Stasiun Mal Kelapa Gading, Stasiun Kelapa Gading Boulevard, Stasiun Pulo Mas, Stasiun Pacuan Kuda, dan Stasiun Velodrome Rawamangun. Jalur LRT tersebut diharapkan bisa mendukung transportasi peserta dan penonton Asian Games dari Velodrome Rawamangun.

5. Beton Proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jatuh, Timpa Seorang Pemotor

7 Kecelakaan Kerja yang Hebohkan Publik Jakarta


Seorang pengendara sepeda motor tertimpa beton proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang jatuh di Jalan Panglima Polem Raya yang bersimpangan dengan Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 3 November 2017.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 22.24 WIB. Beton pembatas MRT itu roboh saat para pekerja sedang memasang dinding menggunakan alat berat. Ketika setting ocs parapet sedang berlangsung, tiba-tiba crane truck tersebut tidak stabil dan ocs parapet jatuh ke jalan, melewati batas pengamanan di bawah deck girder yang telah tertutup separuh.

6. Tiang Konstruksi LRT Ambruk, Timpa 2 Rumah di Kelapa Gading

7 Kecelakaan Kerja yang Hebohkan Publik Jakarta


Tiang proyek konstruksi Light Rail Transit (LRT) menimpa dua rumah warga di Jalan Kelapa Nias Raya, Blok PA 3, No 02, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Selasa, 17 Oktober 2017. Bagian konstruksi itu adalah penyambung untuk infranstruktur LRT koridor Kelapa Gading.

Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 01.50 WIB, tepatnya di samping Masjid Al Musyawaroh, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Saat itu, pemengang proyek tengah memasang penyambung untuk infranstruktur LRT koridor Kelapa Gading. Saat melakukan pemasangan I gilder dan fortal, gentry roboh menimpa atap rumah warga. Rumah tersebut dihuni 7 orang. Pada saat kejadian ketujuh orang tersebut sedang istirahat dan kaget atas bunyi brak.

7. Gondola Jatuh dari Lantai 23 Gedung Intiland, Tewaskan Satu Orang

7 Kecelakaan Kerja yang Hebohkan Publik Jakarta


Sebuah gondola di Gedung Intiland, Tanah Abang, Jakarta Pusat, jatuh ke lantai dasar pelataran gedung, pada Rabu, 26 Oktober 2016. Akibat kejadian tersebut satu orang meninggal dunia.

Gondola tersebut terjun bebas dari lantai 23 Gedung Intiland. Gondola yang jatuh hancur berantakan. Karyawan gedung lantas berhamburan menyaksikan kejadian ini. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.15 WIB. Saat itu seorang petugas teknisi gedung tengah melakukan kegiatan di lantai 23.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak