alexametrics

Kurangi Polusi Udara Jakarta, BPTJ Minta Operator Gunakan Bus Listrik

loading...
Kurangi Polusi Udara Jakarta, BPTJ Minta Operator Gunakan Bus Listrik
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meminta seluruh operator angkutan umum massal berbasis jalan yang beroperasi di wilayah Jabodetabek untuk segera menggunakan bus bertenaga listrik. Langkah ini untuk mengurangi polusi udara lantaran Jakarta disebut-sebut tengah mengalami darurat polusi udara.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, angkutan umum massal bus bertenaga listrik dirasa mampu sebagai salah satu solusi cara menekan polusi udara.

"Satu dari sembilan pilar yang harus menjadi acuan dalam pembenahan transportasi di Jabodetabek berdasarkan RITJ adalah transportasi ramah lingkungan. Langkah konkret menuju transportasi ramah lingkungan perlu segera dimulai,“ kata Bambang melalui keterangan tertulisnya Senin (1/7/2019).



Kondisi udara Jakarta saat ini berbanding terbalik dengan penghargaan yang baru saja didapat dengan menempati urutan ke tiga terbaik kota di dunia dalam hal perbaikan sistem transportasi pada ajang Sustainable Transport Award 2019 yang diselenggarakan di Brasil.

Demi menjaga predikat itu, lanjut Bambang harusnya moda transportasi di Jakarta terus berinovasi, salah satunya dengan mendorong operator menggunakan angkutan bebas emisi.

"Oleh karena itu selain mengupayakan agar semakin banyak pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan angkutan umum massal, angkutan umum massal khususnya yang berbasis jalan juga harus didorong bebas emisi dengan penggunaan bus bertenaga listrik,“ tutupnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak