Kekeringan Parah, Warga Cibarusah Andalkan Air Kali Cihoe

Kamis, 27 Juni 2019 - 22:08 WIB
Kekeringan Parah, Warga Cibarusah Andalkan Air Kali Cihoe
Kekeringan Parah, Warga Cibarusah Andalkan Air Kali Cihoe
A A A
BEKASI - Kendati sudah mendapat bantuan air bersih dari Pemkab Bekasi, warga mengaku masih belum mencukupi kebutuhan mereka. Untuk itu warga terpaksa memanfaatkan air Kali Cihoe untuk kegiatan mereka sehari-hari.

Salah seorang warga Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, Rizal (35) mengatakan, bantuan air bersih yang diberikan pemerintah daerah hanya bisa bertahan untuk satu hari saja.

Soalnya bantuan air bersih yang diberikan hanya satu unit truk, sedangkan warga yang membutuhkan cukup banyak.”Bantuan air bersih diberikan secara bergilir di setiap desa,” katanya kepada wartawan, Kamis (27/6/2019).

Menurutnya, air sebagai sumber kehidupan air bersih sangat dibutuhkan warga untuk keperluan sehari-hari seperti memasak, mandi, cuci pakaian dan sebagainya. Karena itu, warga sekitar banyak yang memanfaatkan aliran Kali Cipamingkis ataupun Kali Cihoe untuk keperluan sehari-hari, meski kondisi air tampak keruh dan kadang berbau.

Pelaksana Tugas (Plt) BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya mengatakan, pihaknya berencana akan kembali memberikan bantuan air bersih. Sebab masih banyak warga yang mengalami kekurangan air bersih di wilayah lain yang menjadi langganan kekeringan.

”Nanti akan kita jadwalkan lagi untuk berikan bantuan air bersih. Mudah-mudahan kebutuhan air bersih mereka bisa terpenuhi,” katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4134 seconds (0.1#10.140)