Industri Sabu Rumahan, Bahan Baku Dibeli Melalui Situs Online

Senin, 24 Juni 2019 - 17:28 WIB
Industri Sabu Rumahan, Bahan Baku Dibeli Melalui Situs Online
Industri Sabu Rumahan, Bahan Baku Dibeli Melalui Situs Online
A A A
JAKARTA - Lemahnya pengawasan membuat pembelian bahan baku sabu mudah didapatkan, bahkan melalui situs online. Hal itu terungkap usai Polisi menggrebek Industri Rumahan Sabu di Perumahan Citra 2, Kalideres, Jakarta Barat disegel polisi, Minggu 23 Juni 2019 kemarin.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick Frendrizh mengatakan bahan baku pembuatan sabu yang dilakukan Mangendar Warto (42) dibeli melalui salah situs jual beli online.

“Beberapa barang ada yang langsung diantarkan ke rumah. Ada pula yang ketemuan di jalan,” ucap Erick di rumah pelaku, Senin (24/6/2019).

Karena mudahnya mendapatkan bahan ini tak jarang produksi sabu yang dihasilkan oleh Mangendar cukup banyak. “Artinya banyak hasil di tentukan ketersedian bahan baku. Makin banyak bahan baku, makin banyak sabu yang diproduksi,” ucapnya. (Baca Juga: Dijadikan Pabrik Sabu, Rumah Mewah di Jakbar Disegel Polisi)

Kasubdit Puslabfor Mabes Polri, Kompol Yuswardi menambahkan secara aturan semestinya prekusor tak bisa di jual bebas. Bahkan regulasi ini diawasi ketat oleh BNN lantaran kerap disalahgunakan.

Yuswardi tak menampik bila home industri sabu yang dibuat Mangendar merupakan kualitas terbaik. Bahkan ia tak membantah bila sabu yang dihasilkan tak jauh berbeda dengan kualitas internasional. “Jadi bisa terlihat sabu ini sangat murni,” ucapnya.

Melihat bahayanya mengenai prekusor, Yuswardi mengatakan penjual senyawa ini bisa dipidanakan sesuai dengan undang-undang yang ada.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4529 seconds (0.1#10.140)