alexametrics

Industri Sabu Rumahan, Bahan Baku Dibeli Melalui Situs Online

loading...
Industri Sabu Rumahan, Bahan Baku Dibeli Melalui Situs Online
Anggota Satnarkoba Polres Jakbar saat mengamankan sejumlah bahan baku dri pabrik sabu rumahan di Perumahan Citra 2, Kalideres, Jakarta Barat. Foto/SINDOnews/Yan Yusuf
A+ A-
JAKARTA - Lemahnya pengawasan membuat pembelian bahan baku sabu mudah didapatkan, bahkan melalui situs online. Hal itu terungkap usai Polisi menggrebek Industri Rumahan Sabu di Perumahan Citra 2, Kalideres, Jakarta Barat disegel polisi, Minggu 23 Juni 2019 kemarin.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick Frendrizh mengatakan bahan baku pembuatan sabu yang dilakukan Mangendar Warto (42) dibeli melalui salah situs jual beli online.

“Beberapa barang ada yang langsung diantarkan ke rumah. Ada pula yang ketemuan di jalan,” ucap Erick di rumah pelaku, Senin (24/6/2019).



Karena mudahnya mendapatkan bahan ini tak jarang produksi sabu yang dihasilkan oleh Mangendar cukup banyak. “Artinya banyak hasil di tentukan ketersedian bahan baku. Makin banyak bahan baku, makin banyak sabu yang diproduksi,” ucapnya. (Baca: Dijadikan Pabrik Sabu, Rumah Mewah di Jakbar Disegel Polisi)

Kasubdit Puslabfor Mabes Polri, Kompol Yuswardi menambahkan secara aturan semestinya prekusor tak bisa di jual bebas. Bahkan regulasi ini diawasi ketat oleh BNN lantaran kerap disalahgunakan.

Yuswardi tak menampik bila home industri sabu yang dibuat Mangendar merupakan kualitas terbaik. Bahkan ia tak membantah bila sabu yang dihasilkan tak jauh berbeda dengan kualitas internasional. “Jadi bisa terlihat sabu ini sangat murni,” ucapnya.

Melihat bahayanya mengenai prekusor, Yuswardi mengatakan penjual senyawa ini bisa dipidanakan sesuai dengan undang-undang yang ada.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak