alexametrics

Tak Permasalahkan Reklamasi, Sutiyoso: Asal Jangan Ada Rekayasa Peraturan

loading...
Tak Permasalahkan Reklamasi, Sutiyoso: Asal Jangan Ada Rekayasa Peraturan
Pulau Reklamasi. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso ikut beromentar terkait polemik proyek pulau reklamasi paska Gubernur Anies Baswedan mengeluarkan 923 sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk pulau buatan tersebut.

Bang Yos sapaan akrabnya, meminta pihak - pihak yang memiliki kepentingan dalam proyek reklamasi tak main curang dan merekayasa aturan demi mendapatkan keuntungan bagi kelompok maupun perorangan. "Reklamasi itu ikuti aturan yang ada saja," kata Sutiyoso saat di hubungi Sabtu (22/6/2019).

Bang Yos menjelaskan reklamasi bukan barang baru, sebab diberbagai belahan dunia, pembuatan daratan di atas permukaan laut adalah hal yang lazim terjadi di masa sekarang. Kendati tak menyatakan secara jelas dalam mendukung proyek reklamasi di Jakarta, tapi dia mengingatkan pentingnya peraturan analisis dampak lingkungan (Amdal) proyek pulau reklamasi.



"Kalau memang Amdalnya memenuhi ya sudah, karena reklamasi itu bukan barang baru. Banyak orang melakukannya contoh Singapura, Kuala Lumpur kan semua lakukan reklamasi asal persyaratan utamanya amdal ini terpenuhi, bukan direkayasa," tegasnya.

Dampak dari adanya pulau reklamasi memang dapat mencemari lingkungan dan mengganggu ekosistem laut. Tapi secara tegas Bang Yos mengatakan itulah tugas pemerintah untuk meminimalisasi semua yang akan terjadi di kemudian hari. "Memang akan terjadi dampak tapi harus bisa kita minimalisasi," tandasnya.
(sco)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak