alexametrics

Akun Dibajak, Status FB ASN Pemkot Tangerang Hina "Babu" Viral

loading...
Akun Dibajak, Status FB ASN Pemkot Tangerang Hina Babu Viral
Aparatus Sipil Negara (ASN) Pemkot Tangerang Amelia Fitriani yang ditemani Sekda Kota Tangerang Dadi Budaeri temui wartawan di Pemkot Tangerang. Foto/Hasan Kurniawan/SINDOnews
A+ A-
TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, dihebohkan dengan status Facebook salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) bernama Amelia Fitriani (34).

Dalam unggahannya, pegawai inspektorat Kota Tangerang ini menulis caption foto saat sedang makan dengan tulisan, "Kegiatan hari ini reuni makan. Emangnya kamu. Babu, kerjaannya cuma ngosek WC."

Tulisan babu itu, mengundang perdebatan di media sosial dan akhirnya viral. Sikap Amelia, dianggap menghina profesi asisten rumah tangga sebagai pekerjaan hina dina.



Namun, saat dikonfirmasi wartawan, Amelia mengaku tidak pernah membuat caption foto dan mengupload foto tersebut ke jejaring sosialnya. Dia mengaku, akunnya telah dibajak orang tak bertanggung jawab.

"Secara singkat saya informasikan, akun FB saya sudah tidak bisa diakses dari email melalui password dan telepon. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan," kata Amelia, di Pemkot Tangerang, Selasa (19/6/2019).

Dijelaskan dia, akun Facebooknya diretas usai dirinya mengikuti apel, di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, pada Jumat lalu. Namun, diretas siapa dia tidak tahu.

"Saya tahunya pas cek hari Jumat. Saat itu iseng. Sebelum apel mau buka FB, buka grup. Lalu dipanggil buat baris, saya tutup dan apel lah saya. Pas saya buka kembali, ternyata enggak bisa kebuka lagi," kata Amelia.

Bahkan, tambah Amelia, saat dirinya mau masuk akun FB nya malah minta password. Setelah password diketik, akunnya tetap tidak terbuka dan dia tidak jadi main FB lagi.

Awalnya dia tidak mempermasalahkan akun FB nya tersebut. Hingga akhirnya, adik sepupunya memberi kabar, kalau akun FB miliknya ramai menjadi perbincangan. Saat itu, diri menduga akunnya dibajak orang.

"Ok akun FB saya enggak bisa dibuka. Pas lihat emailnya juga sudah beda, dan ada kode yang enggak pernah dibuat. Lalu adik sepupu saya capture foto dari temannya, saya posting itu. Saya jadi kaget," terangnya.

Lebih jauh, Amelia pun memohon maaf, karena telah membuat gaduh. Dirinya pun akan melaporkan kasus ini ke Polrestro Tangerang Kota, karena sudah terganggu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Dadi Budaeri yang merasa gerah dengan kasus tersebut pun angkat bicara. Dia sudah mendengarkan keterangan dari Amelia. Dirinya juga yang meminta dia lapor polisi.

"Sudah dicek, diduga orang tak bertanggung jawab. Saat ini yang bersangkutan, suami maupun keluarga, juga tidak bisa lagi akses akunnnya. Terus saat itu juga akun FB nya berisi postingan foto tahun 2017," jelasnya.

Dalam foto itu, ada pejabat inspektorat yang sudah pensiun. Pihaknya juga sudah meminta Amelia melapor ke manajemen Facebook dan juga kepihak kepolisian terkait dengan aksi peretasan akun FB-nya.

"Kemarin diantar oleh kabidnya, Pak Sanny. Dan sudah diminta keterangan selesai jam 9 malam dari sore, dan pihak polisi akan menindak lanjuti kasus ini," sambung Sekda.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polrestro Tangerang Kota AKBP Dicky Ario Yustisianto membenarkan, bahwa Amelia sudah datang melapor ke pihak kepolisian.

Dalam laporannya, Amelia mengatakan, akun Facebooknya dibajak seseorang, dan dirinya merasa sangat dirugikan dengan postingan di akun Facebooknya itu. Saat ini, kasusnya sedang dalam penyelidikan.

"Melapor terkait FB nya yang di hack orang tidak dikenal. Masih dalam penyelidikan," kata Dicky saat dikonfirmasi.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak