Gelar Aksi di Sekitar Patung Kuda, Massa Beri Dukungan Moral ke MK

Selasa, 18 Juni 2019 - 13:46 WIB
Gelar Aksi di Sekitar Patung Kuda, Massa Beri Dukungan Moral ke MK
Gelar Aksi di Sekitar Patung Kuda, Massa Beri Dukungan Moral ke MK
A A A
JAKARTA - Sejumlah massa dari berbagai elemen berkumpul dan melakukan aksi di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat. Massa sempat beristirahat untuk salat dan makan, kini mereka kembali melakukan aksinya sekitar gedung MK mengawal jalannya sidang Pilpres 2019.

Koordinator aksi Gerakan Kedaulatan Rakyat untuk Keadilan dan Kemanusiaan, Abdullah Hehamuhua mengatakan, aksi yang digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat itu dilakukan hingga sekitar pukul 17.00 WIB sore. Adapun massa yang hadir dari FPI, GNPF, Alumni 212, FUI, dan ibu-ibu sama seperti sidang sebelumnya.

"Jadi ada sekitar 1.500 lebih lah, kita berikan dukungan moral pada MK agar mereka tak khawatir dan takut terhadap intimidasi serta intervensi," ujarnya pada wartawan di lokasi, Selasa (18/6/2019).

Menurutnya, diharapkan MK tak sampai salah dalam mengambil putusan dalam sidang gugatan Pilpres 2019 tersebut. Bila tidak, dikhawatirkan pada 2024 mendatang, tak sampai 25 persen orang yang berpartisipasi dalam pemilu bakal golput.

Bila itu sampai terjadi, kata dia, tentu masyarakat merasa hilang kepercayaannya pada parpol dan elit politik. Dikhawatirkan, bila di pemilu mendatang hanya ada 50 persen yang ikut pemilu, lalu ada dua paslon, hanya bermodalkan 26 persen suara calon itu bisa terpilih dan itu berbahaya.

"Maka itu, kami ingin MK betul-betul memberikan putusan sesuai fakta hukum dan data-data yang ada," katanya.

Adapun massa yang melakukan aksi di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat itu berasal dari Jadetabek. Mereka bakal mengawal jalannya persidangan gugatan Pilpres 2019 hingga selesai dan ada putusannya.

Saat ini, terpantau mereka tengah melakukan aksi dengan cara bersalawatan dan membaca ayat-ayat suci Alquran sambil duduk-duduk. Adapun tajuk unjuk rasa yang dilakukan massa itu Halal Bihalal Akbar 212.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5115 seconds (0.1#10.140)