alexametrics

Mobilitas Warga Tangerang Dimudahkan dengan Jabodetabek Airport

loading...
Mobilitas Warga Tangerang Dimudahkan dengan Jabodetabek Airport
Mobilitas Warga Tangerang Dimudahkan dengan Jabodetabek Airport. (Koran SINDO. Susilo).
A+ A-
TANGERANG - Mobilitas warga Tangerang semakin dimudahkan dengan beroperasinya Jabodetabek Airport (JA) Connexion rute Summarecon Serpong-Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Jabodetabek Residence (JR) Connexion rute Summarecon Serpong-Stasiun MRT Lebak Bulus.

Selama uji coba sebanyak empat bus JA Connexion akan melayani trayek Scientia Square Park Summarecon Serpong menuju Bandara Soetta. Rute yang dilintasi dari Scientia Square Park ke Jalan Scientia Boulevard dan Boulevard Gading Serpong lalu Jalan Raya Kelapa Gading menuju Jalan Raya Serpong lewat Jalan Jalur Sutera BSD.

Kemudian, bus masuk jalan tol melalui Gerbang Tol Kunciran 2 menuju tol Lingkar Luar Barat lalu tol Sedyatmo dengan tujuan akhir Bandara Soetta. Bus ini beroperasi mulai pukul 05.00 - 20.00 WIB dan untuk trayek Bandara-Scientia Square Park dari pukul 06.15-21.15 WIB.



”Untuk tarif promo bus JA Connexion trayek Scientia Square Park dari dan ke Bandara Soetta sebesar Rp30.000 dari tarif normal Rp35.000,” ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono saat peluncuran JA Connexion dan JR Connexion di Summarecon Serpong, Tangerang, kemarin.

Untuk JR Connexion selama uji coba ada enam bus yang disiapkan. Bus ini beroperasi mulai pukul 05.45-08.30 WIB dan pukul 17.00-20.15 WIB. Tarif bus ini selama masa promo sebesar Rp10.000 dari harga normal Rp15.000. Pengoperasian akses baru bus ini juga sebagai pengumpan moda transportasi massal mass rapid transit (MRT) menuju Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Layanan JR Connexion dilengkapi berbagai fasilitas WiFi gratis dan pengisian daya gadget, serta fitur reclining seat. ”JA dan JR Connexion diharapkan mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan layanan angkutan umum massal dari permukiman baik dari dan menuju Bandara (Soetta) maupun langsung ke pusat-pusat perekonomian,” kata Bambang.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyambut baik kehadiran moda transportasi massal dari dan ke Bandara Soetta maupun Stasiun MRT Lebak Bulus. ”Adanya layanan JA dan JR Connexion dapat membuat masyarakat mau meninggalkan kendaraan pribadinya dalam bepergian dan mulai beralih ke angkutan umum massal,” ucapnya.

Executive Director Summarecon Serpong Magdalena Juliati mengatakan, layanan JA dan JR Connexion sangat membantu perkembangan Summarecon Serpong sebagai pusat perekonomian.

”Kolaborasi Summarecon dengan Perum PPD kali ini untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi kemacetan sekaligus memudahkan mobilitas war ga yang ingin ke Jakarta atau menuju Bandara,” ungkapnya.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi di Summarecon Serpong saat ini cukup pesat. Berbagai aktivitas sehari-hari war ga juga cukup lengkap di wilayah Tangerang ini.

Itu tampak dari kehadiran berbagai sarana prasarana mumpuni bagi warga seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, pusat bisnis, sarana olahraga bertaraf internasional, sarana edukasi, serta akses transportasi yang mudah dijangkau lewat jalan tol.

Sebelumnya Kepala Subdirektorat Angkutan Transportasi Jabodetabek BPTJ Solihin Purwantara mengatakan, moda transportasi di kawasan Jabodetabek harus saling terintegrasi.”Saat ini angkutan umum terintegrasi menghubungkan satu kota ke kota lainnya di wilayah Jabodetabek masih berjalan masing-masing. Misalnya bus jurusan Bogor-Kalideres atau Bogor-Bekasi,” ucapnya beberapa waktu lalu.Ke depan angkutan dari terminal ke stasiun maupun sebaliknya akan lebih mudah. Maka itu, harus dipadukan supaya masyarakat bisa melakukan perjalanan menggunakan transportasi massal secara terintegrasi.
Nanti seluruh angkutan perkotaan akan terhubung dengan bus Transjabodetabek. Untuk makin memudahkan masyarakat jadwal dan alat pembayaran juga dibuat terintegrasi. (Hasan Kurniawan)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak