alexametrics

Wali Kota Bogor Janji Penataan Pasar Anyar Rampung Desember 2019

loading...
Wali Kota Bogor Janji Penataan Pasar Anyar Rampung Desember 2019
Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakilnya Dedie A Rachim, meninjau Pasar Kebon Kembang, Senin (10/6/2019). Foto: KORAN SINDO/Haryudi
A+ A-
BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menargetkan Pasar Kebon Kembang atau biasa dikenal Pasar Anyar yang semakin semrawut oleh PKL dan angkot, dapat tertata rapih pada Desember 2019.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya saat meninjau Pasar Kebon Kembang bersama Wakilnya Dedie A Rachim, Senin (10/6/2019). Keduanya tampak jengah saat menemukan banyaknya PKL yang berjualan di badan jalan hingga parkir motor sembarangan.

"Sekarang kita mulai sosialisasi dulu kepada para pedagang mengenai langkah-langkah yang akan kita lakukan sambil kemudian didata lagi. Data terakhir ada sekitar 300-an pedagang yang berjualan di sepanjang Jalan Dewi Sartika hingga Sawojajar, nanti akan didata lagi agar lebih valid," ungkap Bima.



Maka dari itu, pihaknya menargetkan, penataan kawasan Pasar Kebon Kembang, khususnya yang berada di Jalan Dewi Sartika dan sekitarnya, rampung pada Desember 2019.

"Insya Allah akhir tahun ini Pasar Anyar dan sekitarnya ini akan jauh lebih tertib. Jadi ini program penataan bertahap. Desember akan ada beberapa langkah untuk relokasi PKL, jadi tidak ada yang digusur, yang ada di geser-geser saja, direlokasi," jelasnya.

Selain sosialisasi dengan para pedagang, lanjut Bima, Pemkot juga akan melakukan koordinasi dengan Forum Corporate Social Responsibility (CSR). "Jadi ada yang pakai APBD dianggarkan di perubahan, dan ada juga kontribusi CSR," ucapnya.

Menurutnya, penataan kawasan tersebut harus dilakukan untuk menormalkan jalur lalu lintas kendaraan roda empat dan roda dua dari Sudirman-Sawojajar-MA Salmun.

"Targetnya adalah lalu lintas lancar di sini, jangan sampai ada keluhan-keluhan macet lagi. Terus yang belanja juga nyaman, jadi tidak ada lagi bulan Desember nanti pedagang-pedagang yang meluber sampai ke jalan. Warga sekitar pasar juga tidak merasa terganggu lagi," tandasnya.

Sementara itu, Dedie A Rachim mengatakan akan ada tim khusus yang dibentuk dalam menata kawasan Pasar Kebon Kembang. ia berharap dengan adanya tim khusus ini, kawasan Pasar Kebon Kembang tak terjadi lagi Kesemrawutan, karena akan ada patroli rutin setiap hari.

"Satpol PP akan dievaluasi. Akan dibentuk unit khusus patroli nanti yang tugasnya muter. Ada tiga shift, pagi siang, siang sore, dan sore malam," katanya.

Unit khusus dari Satpol PP ini bersama-sama Dishub akan terus patroli ke pasar-pasar, ke tempat publik terbuka dan ke taman-taman, untuk memeriksa ketertiban. "Ini semua jadi untuk mengamankan skenario itu," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak