alexametrics

Rezeki Nomplok Kusir Delman di Monas, 3 Hari Lebaran Kantongi Rp2,5 Juta

loading...
Rezeki Nomplok Kusir Delman di Monas, 3 Hari Lebaran Kantongi Rp2,5 Juta
Padatnya pengunjung membuahkan rezeki berlimpah bagi penyedia jasa Delman di sekitaran Monas. Foto: SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A+ A-
JAKARTA - Libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijiriah/2019 dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, salah satunya kawasan Monumen Nasional (Monas). Tercatat mulai tanggal 6-8 Juni 2019, terdapat sekitar 270.790 orang megunjungi kawasan Monas.

Berdasarkan pantauan SINDOnews, dampak dari padatnya pengunjung membuahkan rezeki berlimpah bagi penyedia jasa Delman di sekitaran Monas. Salah satunya Yadi asal Majalaya, Kabupaten Bandung, seorang kusir Delman yang sehari-harinya mangkal di sekitaran Monas. Dia mengaku selama tiga hari Lebaran sudah mengantongi Rp2,5 juta.

"Tiga hari sudah dapat Rp2,5 juta bang. Kalau hari biasa dapatnya hanya sekitar Rp500.000," kata Yadi saat ditemui SINDOnews, Minggu (9/6/2019).



Adapun untuk harga jasa penyewaan Delman bervariasi, sesuai dengan rute tujuan. Tute pertama mulai dari area Patung Kuda lalu menyusuri Jalan Medan Merdeka Barat dan berhenti di depan gedung Balai Kota. Rute ini dipatok harga Rp100.000 sekali naik.

Selanjutnya rute kedua mulai dari Patung Kuda lalu mengitari seluruh kawasan Monas melalui Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, lalu kembali ke Patung Kuda. "Tarif harganya itu Rp100.000-150.000 sesuai rute tujuan," katanya.

Meski tarif jasa penyewaan Delman ini terkesan mahal, namun sebenarnya tidak sebanding dengan upah yang diterimanya dari sang empunya. Ia juga harus melakukan perawatan kuda sendiri, mulai dari membeli pakan, membersikan kuda hingga vitamin kuda tersebut.

Untuk pakan kuda berupa rumput, ia harus merogoh kocek sebesar Rp100.000 per hari, ditambah vitamin untuk kuda Rp250.000 dalam jangka waktu empat kali selama sepekan.

"Total untuk keperluan kudanya saja sudah Rp450.00. Belum buat makan minum kitanya juga bang," katanya.

Kemudian, setoran mingguan kepada sang pemilik Delman sebasar Rp300 ribu. Sementara untuk iuran harian mereka mesti membayar Rp50 ribu.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak