alexametrics

Libur Terakhir Lebaran, Pengunjung Tempat Wisata di Jakarta Membludak

loading...
Libur Terakhir Lebaran, Pengunjung Tempat Wisata di Jakarta Membludak
Pengunjung menyaksikan kawanan burung pelikan yang sedang diberi makan di Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Foto: SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Libur terakhir Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijiriah dimanfaatkan masyarakat Jakarta dan sekitarnya, untuk piknik keluarga di tempat-tempat wisata di Ibu Kota. Salah satunya adalah Taman Margasatwa Ragunan (TMR).

Kebun binatang yang berlokasi di Jakarta Selatan itu selalu menjadi primadona warga Jakarta dan sekitarnya menikmati waktu liburan. Beragam alasan warga memilih membawa keluarga ke TMR, mulai dari harga tiket yang terjangkau hingga wahana dan satwa yang tersedia.

Jainuri (31) salah satunya. Warga Sawangan, Depok, ini sengaja datang bersama istri dan anaknya yang masih balita untuk mengisi libur Lebaran. Sejak pagi, Jainuri telah berkeliling ke berbagai kandang hewan di TMR, mulai dari harimau, gajah, jerapah, hingga orang utan.



Dia menuturkan, ingin mengenalkan aneka ragam satwa kepada anaknya. "Kami mutar-mutar, sudah ke mana-mana. Dari Timur ke Barat," katanya, Minggu (9/6/2019).

Dia mengaku senang bisa mengajak anak dan istrinya berlibur ke Kebun Binatang Ragunan. Dia berharap tempat wisata semacam ini diperbanyak. "Tiket masuk murah meriah. Bisa berlibur sekalian menambah pengetahuan," katanya.

Minggu, 9 Juni 2019

Suasana keramaian pengunjung yang berlibur di Taman Margasatwa Ragunan, untuk yang hari ini libur terakhir, semoga berkesan berekreasi di Taman Margasatwa Ragunan#Ragunanzoo#idulfiri1440h#DKIJakarta#dinaskehutanan#Infowisata#InfoJKT pic.twitter.com/FbdIkcADF1

— Ragunan Zoo (@ragunanzoo) June 9, 2019





Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Usaha Taman Margasatwa Ragunan I Ketut Widarsana mengatakan, Kebun Binatang Ragunan masih menjadi tempat favorit berwisata. Buktinya selama libur Lebaran jumlah pengunjung mengalami kenaikan yang signifikan. Sejak dibuka pada hari kedua Lebaran, jumlah pengunjung mencapai 107 ribu orang.

Kemudian hari ketiga jumlahnya mencapai 97 ribu orang. Hari ini hingga siang tadi total pengunjung sudah mencapai 65.426 ribu orang. "Kami prediksi puncaknya di hari ini," tegasnya. (Baca juga: Sehari, Tempat Wisata di Jakarta Diserbu 318.070 Warga Berlibur Lebaran)

Selain TMR, objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, hari ini tetap ramai pengunjung. Walaupun harga tiket naik tidak menyurutkan langkah masyarakat untuk mengunjungi objek wisata bernuansa budaya Indonesia tersebut.

Tim Divisi Humas TMII Jakarta Dwi Atmojo, menyebutkan, kenaikan tarif memang disesuaikan sepanjang hari libur Lebaran. Namun demi memberi pelayanan maksimal, kenaikan tarif tersebut dirasa normal dan masih terjangkau oleh semua kalangan. (Baca juga: Tak Kalah Menarik, 80 Ribu Warga DKI Pilih Berlibur Lebaran di Kota Tua)

"Kita naikkan Rp5 ribu jadi Rp 25 ribu, tapi kami kira ini masih bisa dijangkau masyarakat karena mereka bisa menyaksikan banyak wahana dengan luas 150 hektare. Itu yang kita harapkan masyarakat masih bisa menjangkau TMII," katanya.

Catatan TMII, lonjakan tarif ternyata tak membuat volume wisatawan menurun. Sejak dari hari kedua Lebaran hingga hari ini, pengunjung TMII telah mencapai 140 ribu orang. "Jadi ya Alahmdulillah, ramai," katanya.

Selain TMR dan TMII, Jakarta masih punya objek wisata menarik yang masih ramai dikunjungi warga, yakni Taman Impian Jaya Ancol, Monumen Nasional (Monas), dan Kota Tua. (Baca juga: Lebaran Hari Keempat, Ancol Dipadati 115.095 Pengunjung)
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak