alexametrics

Gubernur Anies Singgung Keadilan Sosial di Hari Lahir Pancasila

loading...
Gubernur Anies Singgung Keadilan Sosial di Hari Lahir Pancasila
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Gambir, Jakarta Pusat. Foto SINDOnews/Komaruddin BA
A+ A-
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Gambir, Jakarta Pusat. "Ketika kita mengatakan kita Pancasila maka kita harus melaksanakan prinsip-prinsip mendasar di dalamnya. Apalagi kita di Jakarta, saya tadi sampaikan pada semua upacara kita ini berbeda dari yang lain, barangkali kita salah satu yang paling tegak. Selain yang upacara di Gedung Pancasila, kita hanya mungkin 800 meter dari lokasi ketika Bung Karno berpidato 1 Juni. Nah salah satu hal yang paling mendasar adalah soal keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Anies di Monas, Sabtu (1/6/2019).

Menurut Anies, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan pondasi bila itu kita laksanakan dengan baik di Jakarta, maka melaksanakan persatuan membangun kemanusiaan adil dan beradab, permusyawaratan jauh lebih mudah.

"Kenapa? karena ada perasaan keadilan. Itu yang menjadi dasar dan tadi saya berikan contoh ke semua kita kalau upacara 1 Juni memperingati orang tua kita yang berjuang kita mendoakan tapi tanpa kita sadari kebijakan kita pada para pejuang kemerdekaan belum tentu sejalan. Kita beri contoh soal pajak rumah, banyak keluarga perintis kemerdekaan keluarga pahlawan yamg tinggal di Jakpus yang dulu rumahnya biasa-biasa saja sekarang harganya fantastis akhirnya mereka tidak mampu pajak dan keluar," urainya.



Mantan Mendikbud menyebut, prinsip keadilan harus ditegakkan di Jakarta. Termasuk bagi para warga pendatang berhak mendapat pelayanan yang sama dengan warga Jakarta.

"Nah prinsip kita dalam kebijakan harus juga berkeadilan, dulu kita selalu lakukan operasi yustisia memeriksa mereka-mereka yang masuk ke Jakarta tanpa ada identitas kependudukan DKI. Sekarang saya sampaikan prinsip keadilan ini mereka punya hak yang sama untuk bekerja di mana saja. Jadi saya sampaikan di upacara hari ini, jangan sekadar ritual tahunan tapi harus mnejadi kesempatan bagi kita untuk merefleksikan apakah kebjikan-kebijakan kita sekarang dan yang selama ini kita buat sudah sejalan dengan nilai-nilai Pancasila," tandasnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak