alexametrics

Usai Lebaran, Anies Tak Larang Pendatang Cari Rezeki di Ibu Kota

loading...
Usai Lebaran, Anies Tak Larang Pendatang Cari Rezeki di Ibu Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyatakan tidak akan melarang warga pendatang untuk beraktivitas di Jakarta usai Lebaran nanti. Namun, bagi pendatang diminta untuk melengkapi dokumen-dokumen kependudukan selama tinggal di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, hari ini Pemprov DKI menggelar kegiatan Jakarta Mudik Bersama, yang menandakan sebagian warga beraktivitas dan berkontribusi bagi pertumbuhan Ibu Kota berasal dari luar Jakarta. Pemprov DKI, lanjut Anies, mengganti operasi pemeriksaan yang sebelumnya dilakukan setiap arus balik Lebaran menjadi pelayanan jasa kependudukan.

Mantan Mendikbud ini menekankan Jakarta adalah milik warga Indonesia yang memiliki kesetaraan untuk mencari kerja di setiap wilayah Republik ini. "Tidak ada sedikitpun aturan di Republik ini yang melarang pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lainnya. Kita memiliki kesetaraaan kesempatan untuk mencari kerja, termasuk juga di Jakarta," kata Anies di Monas pada Kamis (30/5/2019).



Meskipun begitu, Anies tetap mengingatkan bagi pendatang baru di Jakarta yakni, beberapa dokumen penting kependudukan."Sampaikan ke kampung halaman, kalau (ada orang) mau ke Jakarta. Nomor satu, pastikan membawa surat-surat kependudukan yang lengkap, usahakan memiliki kepesertaan BPJS, bawa keterampilan, pengalaman, kemampuan, sehingga di Jakarta ikut menggerakkan perekonomian di Ibu Kota. Dengan cara begitu, maka datang ke Jakarta, ikut berkontribusi kehidupan perekonomian di tempat kita," ucap Anies.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak