alexametrics

DKI Lakukan Ramp Check 367 Bus Sinar Jaya untuk Mudik Gratis

loading...
DKI Lakukan Ramp Check 367 Bus Sinar Jaya untuk Mudik Gratis
Petugas melakukan pemeriksaan roda kendaraan bus di salah satu terminal di Jakarta.Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Petugas uji dari Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Pulogadung melakukan ramp check atau pemeriksaan kendaraan terhadap 367 bus PO Sinar Jaya yang akan digunakan untuk mudik gratis Pemprov DKI. Ramp check dilakukan untuk mengetahui kelaiakan bus tersbeut.

Kasubbag TU UP PKB Pulogadung, Fatchuri mengatakan, ramp check dilakukan dengan cara jemput bola. Enam petugas uji mekanis, mendatangi pul PO Bus Sinar Jaya di kawasan Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Sebanyak 367 armada PO bus ini akan digunakan untuk mudik gratis Pemprov DKI pada 29 Mei mendatang.

"Dari total 367 bus, saat ini sudah sebanyak 150 bus yang dilakukan ramp check," kata Fatchuri pada Minggu (26/5/2019). Menurutnya, pelaksanaan ramp check dengan sistem jemput bola dilakukan bertahap setiap hari.



Saat jelang pelaksaan mudik gratis nanti, seluruh armada pada malam harinya juga akan dicek ulang secara massal. "Ramp check ini ditargetkan rampung sebelum pelaksanaan mudik gratis," ujarnya.

Sementara itu, jumlah pendaftar mudik dan balik gratis yang difasilitasi Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan hingga Jumat, 17 Mei 2019 sudah mencapai 16.400 orang atau menyisakan 178 orang lagi dari jumlah kuota ditetapkan sebanyak 16.578 orang.

Berdasarkan data yang diperoleh, kuota mudik untuk rute Jakarta-Ciamis masih tersedia delapan bus, Jakarta-Kuningan empat bus, Jakarta-Pekalongan 15 bus, serta Jakarta-Tegal tiga bus. Sementara, untuk rute Jakarta-Wonogiri, Jakarta-Solo, Jakarta-Kebumen, Jakarta-DIY, Jakarta-Semarang, dan Jakarta-Jombang, sudah sesuai kuota.

Peserta mudik dan balik gratis Pemprov DKI ini akan diberangkatkan secara bersamaan di Silang Monas, Jakarta Pusat pada 30 Mei 2091 mendatang. Sedangkan, arus balik dari masing-masing daerah akan dilaksanakan pada 8 Juni 2019.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Massdes Arroufy mengatakan, pelayanan program mudik dan balik gratis ini diperuntukan bagi warga DKI Jakarta. Calon pemudik dapat mendaftar secara online melalui portal www.mudikgratis.jakarta.go.id untuk mendapat kode booking.

Setelah itu, calon pemudik bisa mendatangi Kantor Dinas Perhubungan DKI dan Suku Dinas Perhubungan di lima wilayah kota administrasi masing-masing untuk verifikasi kode booking dan data diri dengan membawa persyaratan seperti KTP dan KK, dan bagi yang akan membawa kendaraan roda dua diwajibkan membawa STNK motor.

"Pengambilan nomor antrean mudik gratis dengan mengisi daftar hadir terlebih dahulu dimulai pukul 06.00. Adapun jam pelayanan verifikasi atau cetak tiket dilayani hari Senin sampai Jumat pukul 07.00-15.00," jelasnya.

Massdes menjelaskan, mudik gratis bersama Pemprov DKI Jakarta ini bertujuan membantu dan memudahkan warga DKI merayakan Idul Fitri di kampung halaman mereka. Mudik bersama ini juga ditargetkan dapat mengurangi risiko kecelakaan, khususnya pada pengendara sepeda motor.

"Kami juga menyediakan layanan pengangkutan sepeda motor dengan jumlah kuota 5.560 kendaraan," tukasnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak