BPJSTK Buka Layanan Kecelakaan Kerja di OMNI Hospital Bekasi

Kamis, 23 Mei 2019 - 23:30 WIB
BPJSTK Buka Layanan Kecelakaan Kerja di OMNI Hospital Bekasi
BPJSTK Buka Layanan Kecelakaan Kerja di OMNI Hospital Bekasi
A A A
BEKASI - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) Cabang Bekasi menghadirkan layanan kecelakaan kerja di OMNI Hospitals Pekayon, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (23/5/2010).

Layanan kecelakaan kerja ini berlaku bagi para puluhan ribu pekerja yang terdaftar dari kepesertaan BPJS TK Cabang Bekasi. Di OMNI Hospitals Pekayon mereka akan dilayani dengan sejumlah doketer spesialis, sub spesialis serta konsultan yang berkompeten.

"Hadirnya layanan kecelakaan kerja di OMNI Hospitals Pekayon agar para tenaga kerja di Kota Bekasi lebih gampang dan mendapatkan pelayanan yang bagus," kata Kepala Cabang BPJS TK Bekasi, Mariansah pada Kamis (23/5/2019).

Mariansah mengungkapkan, jika dua daerah yang menjadi tanggungjawabnya kini telah mempunyai rumah sakit berkelas bagi para pekerja."Kalau untuk Kabupaten Bekasi sudah ada di OMNI Hospitals Cikarang. Artinya kini kota dan kabupaten sudah ada layanan khusus para pekerja. Kita terus melayani hak-hak pekerja dengan profesional," ujarnya.

Layanan kecelakaan kerja ini, lanjut dia, tidak saja berlaku kepada buruh pabrik di Kota Bekasi. Namun juga berlaku bagi Tenaga Kerja Kontrak (TKK) yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS TK.

"Tahun lalu Pemerintah Kota Bekasi telah bekerja sama dengan BPJS TK dengan mendaftarkan 10.000 TKK. Mereka juga berhak mendapatkan Layanan Kecelakaan Kerja " ujarnya.

Plt Bidang Pelayanan BPJS TK, Desi Sriningsih menambahkan, layanan kecelakaan kerja ini hadir untuk memberikan penyuluhan kepada para pekerja yang tertimpa musibah alias kecelekaan kerja."Jadi baik saat bekerja dan di luar bekerja selagi menjadi peserta BPJS TK bisa. Atau contoh kecilnya adalah terdapat salah satu pekerja yang kecelakaan hingga jari jemarinya nyaris putus itu kita cover sampai proses penyembuhan atau sampai bekerja kembali," ujarnya.

Desi juga memastikan jika pekerja yang menjadi pasien di rumah sakit tetap akan mendapatkan honor di tempatnya bekerja. Menurutnya, selama ini BPJS TK Cabang Bekasi terus berkomitmen memperjuangkan hak para pekerja.

"Ini juga berlaku bagi kepesertaan mandiri BPJS TK, misalnya adalah pedagang atau pengemudi Ojol (Ojek Online). Beberapa kali mereka juga sudah memanfaatkan hasilnya," tandas Desi.

Direktur OMNI Hospitals Pekayon, dr. Rona Tiurani menjelaskan, tim medisnya akan memberikan pelayanan profesional serta alat penunjang berteknologi terkini. Mereka akan mendapatkan penanganan dari sejumlah dokter spesialis, sub spesialis serta konsultan yang berkompeten.

Dia mencontohkan, pusat layanan kecelakaan kerja di rumah sakitnya terdapat pelayanan Cardiovascular Center, Orthopaedic Center, Neuroscience Center, Oncology Surgery Center dan Digestive Center."Counter khusus ini kami sediakan di lobi utama OMNI Hospitals Pekayon, sehingga pekerja yang mengalami musibah dapat ditangani dengan baik dan tepat," kata Rona.

Rona mengatakan, kerja sama antara OMNI Hospitals dengan BPJSTK sudah berjalin sejak lama. Bahkan sebelumnya, BPJSTK telah membuka layanan serupa di OMNI Cikarang Hospitals dan OMNI Cikarang Hospitals. "Rencananya akan segera hadir layanan serupa di OMNI Hospitals Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8318 seconds (0.1#10.140)