Demo di Bawaslu Memanas, Lemparan Batu Dibalas Polisi dengan Gas Air Mata

Rabu, 22 Mei 2019 - 20:12 WIB
Demo di Bawaslu Memanas, Lemparan Batu Dibalas Polisi dengan Gas Air Mata
Demo di Bawaslu Memanas, Lemparan Batu Dibalas Polisi dengan Gas Air Mata
A A A
JAKARTA - Perempatan Sarinah, dekat Gedung Bawaslu, Menteng, Jakarta Pusat kembali memanas. Pelemparan petasan, botol bekas, dan batu mulai terjadi menjelang pembubaran massa.

Panatuan SINDOnews di lokasi, Rabu (21/5/2019) malam, aksi itu dibalas oleh petugas kepolisian, tembakan gas air mata kemudian dilepaskan ke arah kerumunan massa. Mereka tidak bubar, malah membakar sejumlah benda, kericuhan tak terhindarkan.

Sebelum peristiwa terjadi, terlihat orator dari mobil tampak meminta massa untuk bubar dengan tertib. Teriakan dan makian kemudian terjadi kepada anggota aparat yang kala itu masih berjaga dan melepas tamengnya.

Barulah setelah itu, lempar botol kosong dilakukan, disusul pelemparan batu ke arah petugas dan gedung Bawaslu, sejumlah aparat dan wartawan terluka terkena lemparan batu.

Kejadian kian memanas setelah polisi menembakan gas air yang dilakukan dari kantor Bawaslu dan mengenai Gedung Jaya. Massa kemudian berhamburan.

Dari mobil orator terlihat upaya penghalauan dilakukan. Mereka berteriak menahan diri dan membalas. “Hati hati provokasi, kita jangan menyerang sebelum di serang,” ucap orator dari mobil komando.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Harry Kurniawan meminta agar petugas Brimob tak melepaskan gas air mata.

Brimob kemudian membuat tiga lapis pengamanan dengan didukung kendaraan anti huru hara. Sementara massa masih berkumpul dan berorasi sembari melantunkan shalawat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6769 seconds (0.1#10.140)