Gelar Apel di Monas, TNI Tidak Akan Dipersenjatai untuk Kawal Demo 22 Mei

Senin, 20 Mei 2019 - 14:01 WIB
Gelar Apel di Monas, TNI Tidak Akan Dipersenjatai untuk Kawal Demo 22 Mei
Gelar Apel di Monas, TNI Tidak Akan Dipersenjatai untuk Kawal Demo 22 Mei
A A A
JAKARTA - Sebanyak 7.800 pasukan TNI menggelar apel di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat untuk pengamanan demo yang akan dilakukan pada 22 Mei 2019 lusa. Mereka terdiri dari 78 satuan setingkat kompi yang bakal membantu Polri dalam mengamankan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu.

Dandim 0501/ JP BS Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana mengatakan, pasukan itu terdiri dari beberapa satuan. "Terdiri satuan Kodam Jaya, Kodam Siliwangi, Kostrad, Marinir. Saya ambil apel diminta untuk pelaksankan tugas," kata Wahyu kepada wartawan di Lapangan Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Wahyu menegaskan, saat pengamanan hari H nanti, tak ada pasukan yang bersenjata. "Lalu, kegiatan dilakukan dalam bentuk berinteraksi. Jadi pengamanan bukan sesuatu yang tegang, namun pengamanan agar kegiatan masyarakat normal dan lancar. Sehingga warga merasa aman dan nyaman," ungkap Wahyu.

Menurut Wahyu, jangan sampai isu - isu saat 22 Mei mengganggu masyarakat yang tengah beraktivitas. "Yang kerja-kerja, yang sekolah-sekolah. Semua beraktifitas seperti biasa. Jangan takut terjadi apa-apa karena TNI dan Polri selalu hadir untuk mengamankan," tambah Wahyu.

Wahyu bahkan meminta, masyarakat tak usah terpengaruh dengan media sosial yang belakangan ini ramai dengan beredarnya pesan-pesan yang seolah menakut-nakuti warga untuk beraktivitas dan bekerja.

"Kalau bisa dihindari yang bersifat negatif. Maindset-nya masyarakat harus rileks. Lihat fakta di lapangan, pengamanan sudah baik dan maksimal," harap Wahyu.

Sebelumnya, masyarakat pengguna media sosial dibuat was-was dengan adanya pesan yang mengeluarkan peringatan keamanan menjelang 22 Mei 2019.

Seperti menghindari area tempat demonstrasi atau demonstrasi politik terjadi dan berhati-hati jika berada di sekitar pertemuan besar.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3910 seconds (0.1#10.140)