alexametrics

Siap Dilalui, Jalur Mudik di Bekasi Tahun Ini Lebih Baik

loading...
Siap Dilalui, Jalur Mudik di Bekasi Tahun Ini Lebih Baik
Gelombang arus mudik sepeda motor melalui jalur Bekasi terus mengalami peningkatan hingga H-5, Minggu (10/6/2018). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyatakan infrastuktur jalur mudik Lebaran kali ini lebih baik di banding tahun sebelumnya. Pasalnya, beberapa titik jalur mudik sudah mulai diperbaiki secara bertahap hingga nanti jalur mudik tersebut siap dilalui pemudik dalam dua pekan ke depan.

"Perbaikan sedang berlangsung, sebelum H-7 Lebaran jalur mudik di Kota Bekasi sudah mulus dan layak dilintasi pemudik roda dua maupun roda empat," ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi di bekasi, Rabu (15/5/2019).

Menurutnya, perbaikan sudah dilakukan mulai pekan ini dibeberapa titik yang tersebar diwilayahnya. Perbaikan itu, kata dia, dilakukan di sejumlah ruas yang menjadi jalur mudik, seperti Jalan M Hasibuan, Chairil Anwar menuju arah Jalan Inspeksi Kalimalang. Adapun yang menjadi tanggung jawab dari pusat di antaranya, Jalan Kh Noer Ali (Kalimalang), Sultan Agung, dan Jalan Jendral Sudirman.



Sedangkan, lanjut dia, jalur dari Bogor di Jalan Siliwangi adalah wewenang dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan pemerintah daerah sudah meminta Jawa Barat untuk segera memperbaikinya.

"Kerusakan jalan saat ini memang rata disemua wilayah Bekasi, kerusakan itu mulai dari sedang hingga berat," katanya.

Untuk itu, Kota Bekasi mendesak kepada pemerintah pusat maupun pemerintah Jawa Barat segera melakukan perbaikan di jalan negara maupun provinsi, meski arus mudik di jalur tersebut tak sepadan di dua jalur lainnya di KH Noer Alie (Kalimalang) dan Sultan Agung. Namun, jalur ini menjadi alternatif para pemudik nantinya.

Rahmat mencontohkan, di Jalan Siliwangi, ada beberapa titik yang hanya bisa dilakukan dengan cara tambal sulam. Adapula, yang harus diperbaiki secara total. Sehingga, apabila tak segera dilakukan, dikhawatirkan mengganggu arus mudik dari arah Bogor. "Pemudik dari arah Bogor juga banyak menuju Pantura," ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan jalur lintasan arus mudik, agar arus kendaraan dapat berjalan lancar. Infrastruktur seperti rambu-rambu juga penerangan jalan umum, juga kebutuhan personel untuk pengamanan.

"Pengawalan kelancaran arus mudik juga kami lakukan. Memang ada sejumlah jalur yang kami petakan karena rutin menjadi rute perlintasan pilihan pemudik menuju Pantura dan sekitarnya," katanya.

Rute perlintasan Barat itu di Sultan Agung-Jendral Sudirman–Ir H Juanda-Bulak Kapal, Bekasi Timur. Sedangkan rute jalur tengah Jalan KH Noer Ali-M Hasibuan-Chairil Anwar, termasuk juga Jalan Siliwangi-Cut Meutia-Bulak Kapal, dan jalur Pondok Gede. Berdasarkan pemetaan awal, kata dia, jalur-jalur yang merupakan jalan arteri tersebut cenderung aman untuk dilalui pemudik menuju Jawa Barat, Tengah dan Timur.

Akan tetapi, ada sebagian jalan yang membutuhkan perbaikan karena banyak lubang menganga yang bisa membahayakan. "Kami sudah berkordinasi dengan Dinas Bina Marga dan merekomendasi agar perbaikan bisa segera dilakukan agar rampung sebelum musim mudik tiba," tegasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya memintah Dinas Bina Marga untuk meminta penerangan di jalur mudik bisa berfungsi dengan baik demi keamanan pengendara maupun pemudik. "Kami minta intansi lainya untuk segera memperbaiki infrastruktur maupun penerangan jalan di jalur mudik, karena hampir sejuta pengendara lintasi Bekasi," tukasnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak