alexametrics

Bulan Puasa Ramadhan, Volume Sampah di Bekasi Naik 5% Setiap Hari

loading...
Bulan Puasa Ramadhan, Volume Sampah di Bekasi Naik 5% Setiap Hari
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
BEKASI - Volume sampah di wilayah Kabupaten Bekasi selama bulan puasa Ramadhan mengalami peningkatan hingga 5 persen setiap hari dibanding bulan sebelumnya. Peningkatan produksi sampah di 23 kecamatan dikarenakan adanya perubahan pola konsumsi masyarakat selama bulan puasa.

"Tren peningkatan volume sampah ini biasa terjadi saat Ramadhan, dan peningkatan volume sampah terjadi hampir setiap bulan Ramadhan. Tapi sampah itu tetap kita bisa tangani," ujar Kabid Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto, Jumat (10/5/2019).

Menurut dia, kenaikan volume sampah dipicu meningkatnya belanja masyarakat, sehingga sampah yang dihasilkan juga bertambah. Hal itu bisa dilihat dari menggunungnya sampah di pasar tradisional cukup tinggi. Selain itu, volume sampah dipermukiman warga juga ikut meningkat.



Dodi menyebut setiap hari petugas mencatat sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng di Kecamatan Setu sebanyak 800 ton. Saaat bulan puasa Ramadhan ini jumlahnya menembus 850 ton atau meningkat 5 persen.

Meski dalam bulan Ramadan, kata dia, tidak ada pengurangan frekuensi pengangkutan sampah dari pemukiman warga ke TPA Burangkeng. Pengangkutan sampah tetap sama seperti bulan-bulan sebelumnya, agar lingkungan masyarakat tetap bersih dan masyarakat nyaman dalam menjalankan ibadah puasa.

"Petugas tetap bertugas sama seperti sebelum bulan Ramadhan. Jika sampah yang membeludak tersebut tidak segera diantisipasi, maka dalam waktu dekat berpotensi terjadi penumpukan sampah".

Dinas Lingkungan Hidup tengah menyiapkan penambahan personel lapangan serta menambah armada yang akan melakukan penyisiran sampah di semua wilayah Kabupaten Bekasi. Dengan begitu, pelayanan pengangkutan sampah, baik sampah di lingkungan warga maupun sampah pasar bisa dilakukan lebih maksimal.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Jejen Sayuti meminta kepada pemerintah agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasanya, walaupun sedang berpuasa.

"Pelayananan harus tetap berjalan, tentunya saja kegiatan pengangkutan sampah juga harus berjalan setiap harinya," tandasnya.
(thm)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak