alexametrics

5.280 Kursi Mudik Gratis dari Bekasi Sudah Ludes, 200 Orang Waiting List

loading...
5.280 Kursi Mudik Gratis dari Bekasi Sudah Ludes, 200 Orang Waiting List
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
BEKASI - Sebanyak 5.280 kursi kuota program mudik gratis yang disiapkan pemerintah untuk pemberangkatan dari Kota Bekasi, sudah ludes dipesan. Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Bekasi sudah menutup pendaftaran mudik gratis 120 bus yang disiapkan.

"Ribuan kursi untuk mudik gratis itu sudah habis, jadi kita menutup pendaftaran mudik gratis," ujar Kasi Angkutan, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Ikhwanudin Rahmat, Kamis (9/5/2019).

Program mudik gratis ini diadakan Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Perhubungan. Rinciannya 40 bus dari Provinsi Jawa Barat dan 80 bus dari Kementerian Perhubungan.



Peserta mudik gratis dijadwalkan berangkat pada Sabtu, 1 Juni mendatang dari Summarecon Mal Bekasi. Sebelumnya, pendaftaran telah dilaksanakan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Bekasi di Jalan Pangeran Jayakarta Kota Bekasi, sejak 26 Maret 2019 lalu.

Tujuan mudik gratis itu yakni kabupaten/kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung. "Tahun lalu pemerintah juga mengadakan mudik gratis, tapi tahun ini di Kota Bekasi, bukan di Kabupaten Bekasi seperti tahun lalu," ucapnya.

Untuk program mudik dari Jawa Barat, kata dia, dikhususkan bagi warga yang berdomisili di Kota dan Kabupaten Bekasi. Sedangkan program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan, tidak ada pembatasan domisili peserta. "Jadi yang dari daerah mana saja, bisa mengikuti program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan," paparnya.

Bus dari Pemprov Jawa Barat terbagi dalam dua rute yakni 25 unit tujuan Solo dan 15 sisanya ke arah Yogyakarta. Bus tujuan Solo melintasi Pekalongan, Semarang, dan Boyolali. Adapun bus tujuan Yogyakarta melalui Tegal, Bumiayu, Purwokerto, Banyumas, Kebumen, Purworejo, dan Wates.

Sementara 80 bus yang disediakan Kementerian Perhubungan mengangkut pemudik tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, hingga Sumatera. Warga yang berminat mengikuti program ini diharuskan mendaftar dengan menyerahkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.

Sementara itu, 200 warga Bekasi saat ini masuk dalam daftar tunggu (waiting list) mudik gratis. "Mereka yang masuk waiting list karena mendaftar ketika tiket sudah habis saat pendaftaran kami buka di kantor dinas," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi Deded Kusmayadi.

Menurut dia, 200 orang yang masuk daftar tunggu itu telah disiapkan untuk mengisi kursi dari bus yang disediakan Provinsi Jawa Barat. Dalam mekanisme pendaftaran, para peserta mudik yang telah mendaftar di kantor dinas beberapa waktu lalu diwajibkan melakukan konfirmasi ulang kehadirannya pada 20-25 Mei.

Bila sampai rentang waktu itu peserta tidak melakukan konfirmasi ulang, maka dinyatakan gugur dan bakal diisi oleh warga yang telah masuk daftar tunggu. Berbeda dengan mudik gratis dari Kementerian Perhubungan, para peserta mudik tidak perlu melakukan konfirmasi ulang di kemudian hari.

Namun demikian, Deded memprediksi jumlah peserta mudik yang gugur tidak akan banyak karena jadwal keberangkatannya cukup dekat dengan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Berbeda dengan keberangkatan mudik gratis dengan hari raya tahun lalu, saat itu jeda waktunya mencapai delapan hari.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak