Disdik DKI Siapkan Pelatihan di Bawah Air bagi Siswa SMK Kelautan

Rabu, 08 Mei 2019 - 14:22 WIB
Disdik DKI Siapkan Pelatihan di Bawah Air bagi Siswa SMK Kelautan
Disdik DKI Siapkan Pelatihan di Bawah Air bagi Siswa SMK Kelautan
A A A
JAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta berupaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Ibu Kota. Untuk itu, selain membangun gedung sekolah baru, Disdik akan menambah fasilitas guna menunjang keterampilan siswa SMK sesuai dengan bidangnya.

Disdik akan menyiapkan basic training dengan membekali keterampilan siswa didik, salah satunya melalui kemampuan bertahan di bawah air. Hal ini akan digenjot di SMK Negeri 36 Jakarta, yang merupakan sekolah menengah kejuruan dalam bidang kelautan/pelayaran.

"Jadi SMK yang ada basic training, artinya tempat pelatihan keselamatan bawah air. Kan ada SMK kelautan, ada strategi kelautan, itu membutuhkan praktik di bawah air, temasuk praktik mengelas di bawah air, kemudian penyelamatan di bawah air. Rencananya dibangun di SMK 36 yang di Marunda," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ratiyono, di Balai Kota, Rabu (8/5/2019).

Menurut Ratiyono, SMK di DKI Jakarta sudah seharusnya memiliki fasilitas guna menunjang keterampilan peserta didik sesuai dengan bidangnya. Sejauh ini, baru Jawa Tengah yang memiliki fasiltas tersebut, yakni Semarang dan Solo.

"Selama ini memang kalau latihan atau lomba, di sana (Semarang dan Solo). Idialnya Jakarta harus punya dong yang lebih bagus. Makanya kita nanti studi banding dulu ke luar negeri, supaya kalau selama ini kita belajar ke Solo, nanti Solo belajar ke Jakarta," ungkapnya.

Selanjutnya, Ratiyono mengatakan bahwa pihaknya sudah membuka pendaftaran bagi peserta didik di tahun ajaran baru tahun ini. Rencanannya, SMK 36 Jakarta Utara akan dijadikan tempat praktik tersebut.

"Khusus kelas bawah air itu sebetulnya prkatek kan. Tinggal dia (siswa didik) jurusannya apa? Kalau teknik berarti dia praktik di situ, tapi kalau jurusan pengangkatan ikan ya enggak harus sampai itu. Jadi tergantung jurusannya, progrmanya apa," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4957 seconds (0.1#10.140)